Advertisement

143 Bhabinkamtibmas di Gunungkidul Siap Bantu Warga Hadapi Bencana

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 09 Januari 2020 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
143 Bhabinkamtibmas di Gunungkidul Siap Bantu Warga Hadapi Bencana Kasatbinmas Polres Gunungkidul, AKP Yulianto. - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Dalam menangani dan menghadapi bencana alam yang akhir-akhir ini mulai menghantui wilayah Gunungkidul, diperlukannya sinergitas antar semua unsur, baik pemerintah kabupaten, jajaran kepolisian hingga masyarakat sebagai satuan terkecil itu sendiri. Sehingga, segala potensi bencana bisa terminimalisir dengan baik.

Kasatbinmas Polres Gunungkidul, AKP Yulianto mengungkapkan dari 144 desa di 18 kecamatan di Gunungkidul, terdapat 143 jajaran Bhabinkamtibmas telah ditempatkan di masing-masing desa guna membantu segala macam persoalan masyarakat yang ada mulai dari gangguan kamtibmas hingga penanganan bencana yang belakangan ini mulai meresahkan masyarakat.

Advertisement

"Sehingga para Bhabinkamtibmas ini bisa menjadi garda terdepan mengantisipasi segala hal yang terjadi di wilayah binaannya, salah satunya bencana alam ini," kata Yulianto kepada Harianjogja.com, Rabu (8/1/2020).

Untuk penanganan bencana alam, Yulianto menuturkan para Bhabinkamtibmas telah dibekali dengan pemahaman terkait penanganan bencana saat di satu wilayah binaannya terjadi bencana alam.

"Langkah awalnya tentu para Bhabinkamtibmas ini sudah melakukan pemetaan kerawanan mana saja yang mungkin memiliki potensi banjir atau longsor, sehingga bencana itu bisa segera diantisipasi agar masyarakat tidak terkena dampaknya," paparnya.

Selain itu Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Kepala Desa sebagai tiga pilar dalam menciptkan sinergitas keamanan dan ketertiban di suatu wilayah, terus melakukan himbauan kepada masyarakat yang berada diwilayah-wilayah yang memiliki potensi tinggi terjadinya bencana alam.

"Tentunya masyarakat diajak untuk terus berperan aktif mengingat Gunungkidul dalam kondisi curah hujan ekstrim dan badai," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perencanaan dan Pengendalian (Karendal) Operasi Kebencanaan Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan jajaran hingga ke satuan Bhabinkamtibmas sebagai personil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melakukan penanganan sebelum dan pasca terjadinya bencana alam.

"Semua jajaran dari Dalmar, Polair, Polsek hingga jajaran Bhabinkamtibmas sudah kita siagakan, pemetaan wilayah sudah kita bentuk, kalau besar akan di-backup oleh Polres," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement