Dari 349 Koperasi di Bantul, Cuma 6 yang Sudah Gelar RAT

Ilustrasi koperasi.
16 Januari 2020 18:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sejak dilayangkannya surat edaran dari Pemkab Bantul kepada koperasi agar segera menggelar rapat akhir tahun (RAT), hingga kini baru enam koperasi yang menggelarnya. Padahal total koperasi yang ada di Kabupaten Bantul mencapai 349 unit.

Kepala Seksi Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian (DKUKMP) Bantul Rama Trisuladana mengatakan RAT merupakan salah satu indikator koperasi sehat. Bahkan jika koperasi tidak menggelar RAT selama dua tahun berturut-turut, maka koperasi tersebut dipastikan akan ditutup.

Itulah sebabnya dia meminta semua koperasi segera tutup buku dan menggelar RAT. Sebab semakin rapat itu diundur, kinerja koperasi tidak maksimal dalam melaksanakan program di tahun berjalan. “Desember tahun lalu kami sudah mengirimkan surat kepada semua koperasi agar tutup buku dan segera menggelar RAT. Yang sudah RAT sampai sekarang baru enam koperasi,” kata Rama, Kamis (16/1/2020).

Dia menambahkan tahun ini tidak ada target untuk mengusulkan koperasi yang dinilai tidak sehat. Pihaknya hanya menargetkan untuk mengawasi 10 koperasi tidak sehat tersebut melalui pembinaan dan bimbingan langsung agar seperti koperasi lainnya.

Selain itu tahun ini dinasnya juga menargetkan koperasi di Bantul bisa tampil untuk mendapatkan penghargaan tingkat nasional, baik dari sisi prestasi, kinerja, maupun keaktifan. “Karena biasanya setiap tahun koperasi dari Bantul langganan mendapat penghargaan, baru tahun lalu tidak mendapatkannya. Makanya tahun ini harapannya bisa dapat,” kata Rama.