Kantor Imigrasi Yogyakarta Tingkatkan Layanan Masyarakat

27 Januari 2020 23:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Upacara Hari Bakti Imigrasi ke-70 diikuti jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY digelar di Lapangan Kantor Imigrasi (Kanim) I TPI Yogyakarta, Senin (27/1/2020). Upacara dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Indro Purwoko. Dalam kesempatan itu disampaikan sejumlah capaian Kanim, salah satunya terkait perjanjian kerja sama dengan UGM terkait pelayanan keimigrasian bagi mahasiswa, dosen dan peneliti asing.

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Indro Purwoko mengatakan Kanim Yogyakarta dan UGM bekerja sama dalam rangka memberikan pelayanan keimigrasian yang akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti asing. Hal itu sebagai dukungan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas berdaya saing, akuntabel dengan sumber daya pendidikan yang andal. Kedua institusi sebelumnya telah mendatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada tanggal 17 Januari 2020 bertempat di Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi di Jakarta.

"PKS tersebut mengatur tentang pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi [UKK] UGM yang merupakan perpanjangan tangan dari Kanim Yogyakarta sebagai induk, yang akan memberikan pelayanan berupa pemberian dokumen keimigrasian dan pengawasan terhadap orang asing," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Indro Purwoko, Senin, (27/1/2020).

Pembentukan UKK UGM, lanjutnya, merupakan bagian dari program Kanim sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-70 tahun 2020 dengan mengangkat tema SDM Unggul Imigrasi Pasti Maju. “Untuk pelaksanaannya kita menunggu kesiapan UGM, sambil menunggu penambahan personel dari pusat,” terangnya.

Ia menambahkan capaian lainnya adalah pelayanan paspor di pusat perbelanjaan di kota Jogja. Hal itu juga untuk mendukung pelayanan paspor yang sudah dilakukan di mall pelayanan publik (MPP) di Bantul. "Pelayanan paspor di Lippo Mall Plaza agar masyarakat mendapatkan kenyamanan dan kemudahan," ungkapnya.

Kanim Yogyakarta juga memberikan pelayanan kepada 150 orang pemohon paspor dalam pelayanan simpatik yang dilakukan setiap hari Sabtu selama Januari 2020. Kemudian donor darah yang bekerja sama dengan UPTD Rumah Sakit Pusat Sardjito, ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Kusumanegara, kegiatan jalan santai, dan diakhiri dengan upacara pada hari Senin (27/1/2020).

Dalam rangka mendukung beroperasinya Yogyakarta Internasional Airport (YIA) pada bulan April 2020, Kanim Yogyakarta akan memindahkan pelayanan keimigrasian. Berupa pengawasan dan pemeriksaan keimigrasian terhadap lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui Bandara YIA.

Pihaknya akan menambah jumlah perangkat, jaringan, sarana prasarana dan petugas pemeriksa keimigrasian, agar dapat melayani target kedatangan wisatawan mancanegara sebanyak satu juta orang pada 2020. "Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menangani potensi ancaman dan gangguan keamanan yang mungkin timbul," ujarnya. (Hafit Yudi Suprobo).

FOTO : Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Indro Purwoko (tengah), Kepala Kanim Yogyakarta Yusuf Umardani (kiri) saat diwawancarai oleh awak media di Aula Kantor Imigrasi I TPI Yogyakarta, Senin (27/1/2020).-/Harian Jogja- Hafit Yudi Suprobo.