Kundha Kabudayan Wacanakan Renovasi Joglo Labuhan di Pantai Glagah

28 Januari 2020 01:57 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kulonprogo berencana merenovasi Joglo Labuhan yang bertempat di Pantai Glagah, Kapanewon Temon supaya bisa lebih sakral saat digunakan untuk Upacara Hajad Dalem Labuhan yang biasa digelar Pura Pakualaman tiap Suro.

"Kami ingin supaya lokasi itu lebih sakral supaya upacara Labuhannya juga lebih khidmat," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kulonprogo, Untung Waluya, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, kondisi bangunan di sekitar Joglo Labuhan bisa direnovasi dengan lebih baik sehingga mengesankan lokasi itu yang sarat kebudayaan. "Apalagi kalau ditambah pagar, itu bisa lebih baik ya, jadi nggak ada yang main-main di situ," katanya.

Dengan rencananya ini, pihaknya berharap upacara Labuhan juga bisa mengangkat aspek pariwisata di Pantai Glagah. Nantinya, jika agenda itu bisa dijadwalkan dengan lebih besar, maka pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata dapat meningkat.

Meski begitu, pihaknya belum dapat menjelaskan lebih jauh terkait rencana ini. Ia masih akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Pemdes Glagah dan Dinas Pariwisata Kulonprogo.

Menanggapi hal ini, Kabid Destinasi Dinas Pariwisata Kulonprogo, Muh. Juaini masih belum diajak berkoordinasi dari Kundha Kabudayaan. "Kami belum ada omongan itu, mungkin baru di Dinas Kebudayaan. Tapi kalau memang ada rencana itu, nggak masalah," kata Juaini.

Ia mendukung saja sejauh program kebudayaan tersebut dapat meningkatkan potensi kunjungan wisata. Terlebih, Pantai Glagah memiliki minat kunjungan wisata yang sangat besar dibandingkan obyek wisata lainnya di Kulonprogo.