Meski Biasa Didatangi Pejabat, Warga Karangkulon Tetap Antusias Sambut Presiden

Suasana persiapan lokasi pernikahan di Karangkulon, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Kamis (30/1/2020). - Harian Jogja/Hery Setiawan
30 Januari 2020 16:27 WIB Hery Setiawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri upacara pernikahan putra Dewan Syuro PKB KH Dimyati Rois, Alamudin Dimyati Rois di Dusun Karangkulon, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Kamis (30/1/2020) malam.

Guna menyambut kehadiran orang nomor satu di pemerintahan Republik Indonesia itu, warga cukup antusias. Berbagai persiapan juga sudah dilakukan. "Sejauh ini persiapannya pasang dekor sama tenda. Umbul-umbul juga udah dipasang di pinggir jalan," ujar Tabah, warga Karangkulon kepada Harian Jogja, Kamis siang.

Pada dasarnya, kata Tabah, warga Karangkulon sudah tak asing dengan kehadiran tokoh penting, khususnya pejabat di wilayah mereka. Pasalnya, sosok KH Dimyati Rois memang banyak memiliki relasi tokoh-tokoh nasional. “Lagipula daerah sini juga kerap digunakan sebagai lokasi syuting film,” kata dia.

Kepala Desa Wukirsari Susilo Hapsoro mengatakan meski sudah kerap kedatangan pejabat, namun tetap saja untuk kali ini pengamanan tetap menjadi hal utama. Bagi warga atau siapapun yang tidak berkepentingan, kata dia, nantinya dipastikan tidak dapat bertemu dan berjabat tangan Presiden secara langsung. "Tetap disterilkan. Nanti malah kayak Pak Wiranto [ditusuk oleh terduga teroris]. Meski itu bukan acara kenegaraan, kalau bukan undangan saya rasa enggak bisa masuk," ujar Susilo.

Dia menjelaskan hingga kini Pemdes Wukirsari terus berkoordinasi dengan warga dan tokoh masyarakat. Hingga hari ini proses persiapan masih berlangsung di sekitar lokasi. "Paling ya persiapan itu bersih-bersih jalan, pasang umbul-umbul. Sampai sekarang warga juga masih kerja bakti," ujar Susilo.

Sekadar catatan, Alamudin Dimyati Rois, si mempelai pria merupakan putra dari KH Dimyati Rois, Ketua Dewan Syuro PKB. Ia juga tercatat sebagai anggota DPR RI Fraksi PKB periode 2019 - 2024. Alamudin menikah dengan Aslikh Rina Ulyaddin, cicit Kyai Marzuqi dan juga anggota DPRD DIY dari Fraksi PKB. “Presiden memang dekat dengan kalangan ulama besar, salah satunya KH Dimyati Rois,” kata Susilo.