Siang Bolong, Rumah Warga Kalipetir Kidul Dibobol Maling

ilustrasi. - Reuters
31 Januari 2020 11:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebuah rumah di RT 30 RW 15, Dusun Kalipetir Kidul, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih, dibobol maling, Kamis (30/1/2020). Peristiwa itu terjadi saat penghuni rumah tengah pergi bekerja.

Pemilik rumah, Engki Rusimayah, 51, mengatakan baru tahu rumahnya disatroni maling ketika pulang kerja sekitar pukul 11.00 WIB. Ketika masuk ke dalam rumah, perempuan yang saban hari berjualan makanan di kantin sekolah itu mendapati sebuah palu tergeletak di ruang makan.

Karena curiga, Engki lantas mengecek sejumlah ruangan meliputi dapur dan dua kamar tidur. Ibu satu anak ini mendapati pintu dapur yang menghubungkan rumah dengan halaman belakang telah terbuka. Selain itu terdapat kerusakan di bagian slot kunci pintu tersebut.

"Sementara di kamar tidur kondisinya berantakan, pas dicek lagi uang Rp300.000 yang disimpan suami saya di dompet dan ditaruh di atas lemari juga sudah tidak ada," ujar ibu satu anak ini saat ditemui awak media, Kamis siang.

Engki mengatakan saat kejadian rumahnya memang dalam keadaan kosong. Dia dan suaminya pergi bekerja, sementara sang anak sekolah. "Kemungkinan ini dibobol jam 10.00 WIB, soalnya saya jam 09.00 WIB, saya baru aja berangkat [berjualan]," ujarnya.

Sebelum aksi pencurian itu terjadi, warga sekitar mengaku melihat gerak-gerik mencurigakan dari dua orang pria. Kedua orang tersebut diketahui mengenakan jaket hitam dan tas selempang warna coklat.

"Saya sempet lihat tadi ada dua pria, boncengan pake motor laki-laki, trus berhenti di halaman depan rumah [rumah korban], yang satu duduk di atas motor, tapi satunya lagi gak tau. Saya pikir bank harian, jadi gak ada curiga saat itu," ungkap Nuryani, 45, salau satu tetangga korban.

Adapun untuk saat ini kasus tersebut telah ditangani jajaran Polsek Pengasih. Dari informasi yang diperoleh Harian Jogja, pihak kepolisian telah melakukan olah TKP.