22 Finalis Terpilih untuk Koko Cici Jogja 2020

Finalis pemilihan duta wisata dan budaya Tionghoa, Koko Cici Jogja 2019 berfoto bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja (empat kiri), Rabu (13/2). /Ist. - Koko Cici Jogja 2019
01 Februari 2020 04:22 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemilihan Koko Cici Jogja 2020 telah melewati masa pemilihan finalis. Sebanyak 22 finalis terpilih untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

“Untuk pemilihan sampai saat ini Koko Cici Jogja sudah selesai melakukan audisi dan sudah terpilih 22 finalis Koko Cici Jogja 2020. Pada 23 Januari lalu juga seluruh finalis telah photoshoot,” ujar Koko Jogja 2019, Yohanes Novandi Setiawan, Rabu (29/1).

Pada tahap pemilihan finalis, kata Novan, peserta melalui tahap interview lalu talent show saat audisi. Setelah ini peserta akan menjalani karantina dari Sabtu (1/2)–Rabu (5/2) di Top Hotel Malioboro, lalu pada Kamis (6/2) akan ada talent show di Sleman City Hall dan Jumat (7/2) adalah malam grand final pemilihan Koko Cici Jogja 2020 yang akan diselenggarakan di panggung utama Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY).

“Harapan kami Koko Cici Jogja 2020 nantinya dapat melestarikan budaya Tionghoa yang ada di Jogja serta dapat meberikan kontribusi untuk masyarakat secara nyata sesuai dengan tema pemilihan Koko Cici Jogja 2020 yaitu Aksi Muda Mudi Menuju Indonesia Maju,” katanya.

Ia melihat tantangan saat ini adalah mulai memudarnya budaya Tionghoa di kalangan anak muda, juga maraknya perkembangan teknologi membuat anak muda mulai perlahan melupakan budaya yang ada.

Sebelumnya diketahui juga peserta Koko Cici Jogja diberikan tambahan wawasan dengan berbagai materi yang diberikan saat tahapan Chinese Culture Fest (CCF), di Perkumpulan Budi abadi Jalan Bintaran Wetan Nomor 19, Gunungketur, Pakualaman, Jogja.