Jurnalis Cum Aktivis & Ketua AJI Yogyakarta Tommy Apriando Meninggal Dunia

Tommy Apriando - Istimewa/AJI Yogyakarta
02 Februari 2020 19:02 WIB Budi Cahyana Jogja Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tommy Apriando, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta, meninggal dunia dalam usia 30 tahun di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Gamping, Sleman, Minggu (2/2/2020) siang. Tommy meninggal dunia karena sakit diabetes. Dia dirawat di rumah sakit sejak Jumat (31/2/2019).

Tommy yang bekerja sebagai jurnalis Mongabay, jaringan situs berita tentang lingkungan, dikenal sebagai aktivis yang gigih dalam memperjuangkan isu lingkungan dan hak asasi manusia. Beberapa hari sebelum mengembuskan napas terakhirnya, Tommy sudah jatuh sakit, tetapi dia tetap aktif di AJI.

“Rabu [29/1/2020] sore dia masih memimpin rapat pengurus AJI Yogyakarta meski terlihat lemas karena habis periksa dari dokter,” kata Ade Suhendra, pengurus AJI Yogyakarta.

Saat masih duduk di bangku kuliah Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII), Tommy sudah membangun jaringan dengan jurnalis, aktivis, hingga seniman. Sebagai mahasiswa, Tommy bergiat di lembaga pers mahasiswa  (LPM) dan aktif mengadvokasi beberapa LPM yang mengalami pemberedelan. Selepas kuliah, Tommy bekerja di Kontras, organisasi yang mengampanyekan demokrasi dan hak asasi manusia. Tommy kemudian menjadi jurnalis Mongabay dan bermukim di DIY. Sejak Agustus 2019 dia menjadi Ketua AJI Yogyakarta.

Jenazah Tommy saat ini disemayamkan di rumah duka di RT 05, Dusun Bantar Wetan, Desa Banguncipto, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo dan akan diberangkatkan menuju tanah kelahirannya, Pringsewu Barat, Kabupaten Pringsewu, Lampung, dari Bandara Adisutjipto, Senin (3/2/2020) pagi. Tommy akan dimakamkan di kampung halamannya, di sisi mendiang ayahnya, di Lampung, Senin sore. Tommy meninggalkan seorang istri, Wiwid Ervita.

“Keluarga besar Aliansi Jurnalis Independen berduka atas meninggalnya Tommy, kawan yang baik dan aktivis yang tak kenal lelah,” ujar Shinta Maharani, Sekjen AJI Yogyakarta.