Advertisement

Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja Jadi Kepala BPIP

Muhammad Khadafi
Rabu, 05 Februari 2020 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja Jadi Kepala BPIP Yudian Wahyudi - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Rektor UIN Sunan Kalijaga Jogja, Yudian Wahyudu, dilantik menjadi kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Dia menggantikan Haryono yang sebelumnya berstatus pelaksana tugas (Plt.). Haryono ditunjuk sebagai Plt. setelah Yudi Latif mundur sebagai kepala BPIP pada Juni 2018.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Yudian mengucap sumpah menirukan ucapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/2/2020). 

Advertisement

Yudian sebagai Kepala BPIP akan memiliki hak keuangan dan lainnya setara menteri. 

Juru Bicara Presiden RI M. Fadjroel Rachman mengatakan Jokowi memiliki alasan memilih Yudian. "Yang bersangkutan dianggap sangat pantas, sangat sangat pantas untuk memimpin lembaga tersebut dalam upaya pembinaan ideologi pancasila," katanya. 

Yudian menamatkan pendidikan S1 dan S2 di IAIN Sunan Kalijaga. Dia meraih gelar PhD di Universitas McGill pada 2002 silam. Dia juga tercatat sempat menerbitkan buku Hukum Islam antara Filsafat dan Politik. Yudian adalah pendiri Pesantren Nawesea. Dia juga membangun Sunan Averroes Islamic Boarding School, lembaga pendidikan dari jenjang TK, SD, dan SMP.

Pelantikan Yudian dihadiri juga oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu hadir pula jajaran Kabinet Indonesia Maju seperti  Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun BPIP merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden. Lembaga ini memiliki tugas membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila dan tugas yang terkait dengan hal tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement