Bupati Gunungkidul Targetkan Revitalisasi Pasar Ngawu Sesuai SNI

Bupati Gunungkidul foto bareng bersama warga seusai peresmian proyek revitalisasi Pasar Ngawu, Playen, Rabu (5/2/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
05 Februari 2020 22:07 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULBupati Gunungkidul, Badingah, meresmikan hasil revitalisasi Pasar Ngawu, Kecamatan Playen, Rabu (5/2/2020). Pasar yang dibangun menggunakan dana dari APBD Gunungkidul hingga dana alokasi umum (DAU) ini ditargetkan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Saya berharap agar pasar ini sesuai SNI, saya tidak bisa bicara kapan target tercapai, tetapi harus dirauih sambil berjalan. Semua organisasi perangkat daerah [OPD] saya minta mendampingi para pedagang," kata Badingah seusai meresmikan Pasar Ngawu, Rabu.

Badingah mengungkapkan meskipun pasar tersebut merupakan pasar tradisional, tetapi Pemkab berharap Pasar Ngawu bisa menjadi percontohan untuk pasar yang lain. Oleh karena itu, Badingah meminta para pedagang untuk menjaga dan merawatnya. "Ketika sudah sesuai SNI maka bisa ditularkan kepada pasar-pasar lainnya, dan ini menjadi pasar percontohan," ujarnya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengimbau OPD terkait terus mendorong agar Pasar Ngawu segera sesuai SNI. Menurut Endah, untuk mencapai target dibutuhkan peningkatan pengelolaan, salah satunya menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada seperti pemanfaatan Retribusi-el dan e-Payment.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, mengungkapkan dalam proses revitalisasi Pasar Ngawu jajarannya memenuhi semua kelengkapan fasilitas yang mumpuni guna menargetkan agar bisa berstandar SNI. Meski demikian, masih ada kekurangan yang perlu dibenahi. "Yang masih dibutuhkan seperti ruang menyusui, dan pengelolaan limbah. Semua sudah ada lahannya, nanti segera kami usulkan di APBD Perubahan. Kami targetkan pasar ini segera sesuai SNI," ujarnya.