Advertisement

Bupati Gunungkidul Targetkan Revitalisasi Pasar Ngawu Sesuai SNI

Muhammad Nadhir Attamimi
Rabu, 05 Februari 2020 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Bupati Gunungkidul Targetkan Revitalisasi Pasar Ngawu Sesuai SNI Bupati Gunungkidul foto bareng bersama warga seusai peresmian proyek revitalisasi Pasar Ngawu, Playen, Rabu (5/2/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULBupati Gunungkidul, Badingah, meresmikan hasil revitalisasi Pasar Ngawu, Kecamatan Playen, Rabu (5/2/2020). Pasar yang dibangun menggunakan dana dari APBD Gunungkidul hingga dana alokasi umum (DAU) ini ditargetkan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Saya berharap agar pasar ini sesuai SNI, saya tidak bisa bicara kapan target tercapai, tetapi harus dirauih sambil berjalan. Semua organisasi perangkat daerah [OPD] saya minta mendampingi para pedagang," kata Badingah seusai meresmikan Pasar Ngawu, Rabu.

Advertisement

Badingah mengungkapkan meskipun pasar tersebut merupakan pasar tradisional, tetapi Pemkab berharap Pasar Ngawu bisa menjadi percontohan untuk pasar yang lain. Oleh karena itu, Badingah meminta para pedagang untuk menjaga dan merawatnya. "Ketika sudah sesuai SNI maka bisa ditularkan kepada pasar-pasar lainnya, dan ini menjadi pasar percontohan," ujarnya.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengimbau OPD terkait terus mendorong agar Pasar Ngawu segera sesuai SNI. Menurut Endah, untuk mencapai target dibutuhkan peningkatan pengelolaan, salah satunya menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada seperti pemanfaatan Retribusi-el dan e-Payment.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, mengungkapkan dalam proses revitalisasi Pasar Ngawu jajarannya memenuhi semua kelengkapan fasilitas yang mumpuni guna menargetkan agar bisa berstandar SNI. Meski demikian, masih ada kekurangan yang perlu dibenahi. "Yang masih dibutuhkan seperti ruang menyusui, dan pengelolaan limbah. Semua sudah ada lahannya, nanti segera kami usulkan di APBD Perubahan. Kami targetkan pasar ini segera sesuai SNI," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement