Advertisement

Catat! Kawasan Malioboro Bebas Kendaraan Sampai Nanti Malam

Newswire
Jum'at, 07 Februari 2020 - 12:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat! Kawasan Malioboro Bebas Kendaraan Sampai Nanti Malam Warga berekspresi dan berfoto saat Uji Coba Semi Pedestrian Jalan Malioboro di Jalan Malioboro, Jogja, Selasa (18/6). - Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kendaraan bermotor tak dapat melintas di Malioboro sejak pukul 09.00 WIB-21.00 WIB, Jumat (7/2/2020).  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja menjelaskan bahwa penutupan itu untuk melengkapi data pergerakan lalin untuk menuju target pedestarian Malioboro secara total.

Pantauan detikcom, Jumat (7/2/2020), suasana di kawasan Malioboro begitu sangat lengang dari kendaraan bermotor. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat dan wisatawan berswafoto ria.

Advertisement

Selain itu, tampak petugas Dishub bersama Linmas, Satpol PP dan polisi berjaga di seberang tempat parkir Abu Bakar Ali, di mana ruas jalan itu menjadi jalur masuk ke Malioboro. Tak hanya itu, beberapa petugas tampak berjaga di sirip-sirip jalan Malioboro.

"Penutupan ini sebetulnya menuju pada pedestarian area Malioboro secara keseluruhan," ucap Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta, Windarto saat ditemui detikcom di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Jumat (7/2/2020).

Windarto melanjutkan, penutupan ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Selama itu, semua jenis kendaraan bermotor dilarang melintas di kawasan Malioboro. "Kecuali Bus Trans Jogja, kendaraan kedaruratan, kendaraan pelayanan umum, sepeda dan andong boleh melintas di Malioboro," ujarnya.

Menyoal tujuan penutupan jalur menuju kawasan Malioboro, Windarto mengaku sebagai uji coba untuk mengetahui dampak lalu lintas, sekaligus pengelolaannya jika Jalan Malioboro ditutup menjelang akhir pekan.

"Penerapan uji coba kali ini ditujukan untuk melihat dan mengamati pola lalu lintas di kawasan Malioboro saat akhir pekan. Karena kepadatan kendaraan di Malioboro biasanya cukup tinggi saat hari biasa," katanya.

"Istilahnya kita ambil data-datanya untuk antisipasi kalau Malioboro ditutup secara total dari kendaraan bermotor, atau secara total jadi pedestarian area," sambung Windarto.

Windarto menambahkan, ke depannya Dishub berencana untuk melakukan penutupan jalur di beberapa titik. Menurutnya, hal itu akan dilakukan bulan depan.

"Iya, bulan depan akan ada perubahan dan penambahan di titik lain yang dilakukan penutupan, ya nantinya sampai dengan Malioboro ditutup [dari kendaraan bermotor] dan jalan sekitarnya jadi satu arah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement