Advertisement

Rusak Parah, 3 Jalan Ini Disidak Bupati Bantul

Hery Setiawan
Jum'at, 07 Februari 2020 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Rusak Parah, 3 Jalan Ini Disidak Bupati Bantul Pengendara sepeda motor ekstra berhati-hati saat melintasi ruas jalan di Dusun Kenalan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Pajangan yang rusak parah, Jumat (7/2/2020). - Harian Jogja/Hery Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak tiga titik jalan di Bantul yang rusak parah dicek langsung oleh Bupati Bantul Suharsono, Jumat (7/2/2020). Ketiga titik jalan itu masing-masing ada di Donotirto, Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan serta dua titik di Kecamatan Pajangan, yakni di Dusun Pringgading, Desa Guwosari, dan Dusun Jojoran, Desa Triwidadi.

Setelah mengecek, Bupati merencanakan dalam 1-2 bulan ke depan perbaikan akan dilakukan di tiga titik itu. Kendati begitu, masih ada titik lain yang jalannya rusak dan minim penerangan. Hal tersebut jelas dapat mengganggu aktivitas masyarakat yang terdampak.

Advertisement

Kepala Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Masduki Rahmat mengatakan Dusun Pringgading, Desa Guwosari, adalah wilayah yang terdampak jalan rusak. Panjang jalan rusak di dusun itu mencapai lebih dari satu kilometer yang menghubungkan antara Desa Guwosari dan Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan.

Selama ini, kata dia, Pemdes hanya mengandalkan dana desa untuk memperbaiki jalan rusak. Hanya ia mengaku kewalahan karena jumlah dana desa yang terbatas.

Dia mengaku sudah beberapa kali mengajukan perbaikan jalan rusak ke Pemkab Bantul. Tetapi sejauh ini Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul hanya sebatas meninjau.

Selain respon yang lambat, pencairan anggaran perbaikan jalan juga dirasa kurang maksimal. Dari total Rp 1 miliar yang dianggarkan, hanya 10-20% yang direaliasasikan.

Menurut dia, perbaikan ruas jalan di Dusun Pringgading mendesak dilakukan. Pasalnya kondisi jalan yang rusak parah berpotensi menimbulkan kecelakaan. “Bahkan ada beberapa warga saya yang kerap terpeleset bahkan hingga terjatuh saat melintas jalan rusak itu,” katanya.

Dari pantauan Harianjogja.com, selain tiga titik yang dicek Bupati, masih ada sejumlah titik ruas jalan rusak di kawasan sekitar lokasi yang didatangi Bupati. Salah satunya ada di Dusun Kenalan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Jalan tersebut kondisinya bergelombang dan berlubang. Saat hujan, jalan menjadi licin.

Menurut Karsiyem, warga Dusun Kenalan, ada beberapa warga yang terpeleset akibat jalan rusak, bahkan ada yang sampai terjerembab ke sawah. Belum lagi soal penerangan yang hanya mengandalkan lampu-lampu milik warga. “Siap-siap lilin aja kalo pas lewat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement