Advertisement

Satu Data di Kulonprogo Masih Terkendala Pengumpulan Data

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 07 Februari 2020 - 08:07 WIB
Nina Atmasari
Satu Data di Kulonprogo Masih Terkendala Pengumpulan Data ILustrasi Administrasi kependudukan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Dinas Komunikasi dan Informatika Kulonprogo masih berupaya mengoptimalkan kinerja Satudata, sebuah portal digital, yang digunakan untuk menyebarkan data-data publik yang ada di setiap OPD di Pemerintah Kabupaten Kulonprogo.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (Kabid IKPS) Diskominfo Kulonprogo, Bambang Susilo, mengatakan untuk saat ini Satu Data masih terkendala pengumpulan data, sehingga belum semua data untuk kepentingan masyarakat bisa terpublikasi.

Advertisement

Oleh karena itu, pada tahun ini diharapkan semua OPD bisa lebih giat dalam mengirimkan data ke portal digital tersebut.

“Dimulai tahun ini harapannya semoga lebih maju dan terpublish dapat tersampaikan ke masyarakat dan instansi terkait," ujar Bambang, dalam rapat penggunaan Satu Data di Ruang Sermo, Kompleks Pemkab Kulonprogo, Rabu (5/2/2020).

Kehadiran Satu Data merupakan wujud keterbukaan informasi publik dari pemkab kepada masyarakat Kulonprogo. Data yang ditampilkan di portal ini, telah melalui berbagai tahap validasi sehingga telah terjamin kebenarannya. Hingga saat ini sudah ada 465 data dari 53 intansi dan lembaga yang tersaji dalam Satu Data.

Salah satunya Badan Pengelola Statistik (BPS) Kulonprogo. Kepala Seksi IPDS BPS Kulonprogo, Andriana Nurmahmud, mengatakan BPS mengatakan BPS sudah menyumbang sebanyak 20 data untuk portal tersebut. Di antaranya terkait angkatan kerja, pertumbuhan indeks pembangunan, hingga pengeluaran per kapita penduduk.

Ke depan kata Andriana, data yang tersaji ditargetkan bisa lebih banyak lagi. “Semoga ke depan dalam waktu dekat mendistribusikan mengenai hasil tabel - tabel mengenai statistik bisa ditampilkan di satu data, jadi kita mengutip saja mungkin lebih ringkas dan hemat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement