Terseret Ombak Parangtritis, Tubuh Korban Ditemukan 1 Km dari Pantai

Tim SAR Gabungan mengevakuasi tubuh Jeven Samuel di tepian Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Senin (10/2/2020). - Istimewa/SAR DIY Distrik Bantul
10 Februari 2020 11:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Setelah melakukan pencarian sejak Minggu (9/2/2020), Tim SAR Gabungan akhirnya menemukan tubuh Jeven Samuel, 20, mahasiswa salah satu kampus di Jakarta asal Pekanbaru, Riau yang hilang terseret ombak Pantai Parangtris, Kecamatan Kretek, Bantul, Sabtu (8/2/2020) malam.

Komandan SAR Parangtritis Ali Sutanto mengatakan tubuh korban ditemukan sekitar satu kilometer di tengah laut, tepatnya di sisi timur dari lokasi awal korban tenggelam. Kali pertama, korban diketahui mengambang oleh nelayan Gunungkidul dan Depok saat akan memasasang jaring ikan di tengah laut. Nelayan tersebut lantas menginformasikan pada posko SAR Parangtritis. "Tim gabungan pencarian dan penyelamatan langsung menuju lokasi dan mengevakuasi jenazah korban ke daratan," kata Ali seusai proses evakuasi korban, Senin (10/2/2020).

Saat itu, kata dia, tim tengah bersiap melakukan operasi penyisiran dengan menggunakan perahu jongkong. Akan tetapi tak lama, ada nelayan dari Pantai Gesing, Gunungkidul dan Pantai Depok, Bantul memberitahu bahwa ada tubuh mengambang di tengah laut. “Kami pun segera mendatangi lokasi penemuan tubuh korban dan mengevakuasinya ke tepian,” ucap dia.

Setelah dievakuasi, jenazah korban diidentifikasi oleh tim Inafis dari Polres Bantul sebelum dibawa ke Rs Bhayangkara Polda DIY. Sebelum dibawa tim gabungan juga melakukan upacara penyerahan jenazah korban kepada pihak keluarga. "Dengan ditemukannya korban kedua ini, maka operasi pencarian oleh tim gabungan resmi ditutup," kata Ali.