Advertisement

Langganan Banjir, SMP Negeri 3 Saptosari Direlokasi Tahun Ini

David Kurniawan
Selasa, 11 Februari 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Langganan Banjir, SMP Negeri 3 Saptosari Direlokasi Tahun Ini Seorang petugas menerjang air yang menggenangi kompleks SMPN 3 Saptosari, Rabu (20/3/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul segera merelokasi SMP Negeri 3 Saptosari ke lokasi yang lebih aman dari ancaman banjir. Total anggaran pemindahan mencapai Rp9,6 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, memastikan relokasi SMP Negeri 3 Saptosari dilakukan tahun ini. Saat ini lelang masih dilakukan di Badan Layanan Pengadaan (BLP) untuk mencari rekanan yang mengerjakan relokasi. “Masih proses dan mudah-mudahan bisa segera ditentukan pemenang lelang sehingga pengerjaan dapat dijalankan secepatnya,” kata Edy, Selasa (11/2/2020).

Advertisement

Dia menjelaskan pemindahan dilakukan karena lokasi saat ini berada di daerah rawan banjir. Sebagai contoh, saat terjadi Badai Cempaka di 2017 sekolah ini terendam dan membuat kegiatan belajar mengajar berhenti. “Relokasi juga bagian dari rehabilitasi dan rekonstruksi akibat Badai Cempaka,” kata Edy.

Menurut dia, dari sisi lokasi baru tidak ada masalah karena Pemkab sudah menyiapkan lahan. Adapun jarak antara sekolah lama dan tempat relokasi hanya berjarak sekitar satu kilometer. “Siswa masih bisa mengaksesnya. Yang terpenting di tempat baru lokasinya lebih aman,” katanya.

Disinggung mengenai anggaran relokasi SMP Negeri 3 Saptosari, Edy menyatakan jajarannya menerima anggaran Rp9,6 miliar yang bersumber dari dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Pagu Rp9,6 miliar hanya untuk pembangunan fisik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement