Langganan Banjir, SMP Negeri 3 Saptosari Direlokasi Tahun Ini

Seorang petugas menerjang air yang menggenangi kompleks SMPN 3 Saptosari, Rabu (20/3/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
11 Februari 2020 20:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul segera merelokasi SMP Negeri 3 Saptosari ke lokasi yang lebih aman dari ancaman banjir. Total anggaran pemindahan mencapai Rp9,6 miliar.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, memastikan relokasi SMP Negeri 3 Saptosari dilakukan tahun ini. Saat ini lelang masih dilakukan di Badan Layanan Pengadaan (BLP) untuk mencari rekanan yang mengerjakan relokasi. “Masih proses dan mudah-mudahan bisa segera ditentukan pemenang lelang sehingga pengerjaan dapat dijalankan secepatnya,” kata Edy, Selasa (11/2/2020).

Dia menjelaskan pemindahan dilakukan karena lokasi saat ini berada di daerah rawan banjir. Sebagai contoh, saat terjadi Badai Cempaka di 2017 sekolah ini terendam dan membuat kegiatan belajar mengajar berhenti. “Relokasi juga bagian dari rehabilitasi dan rekonstruksi akibat Badai Cempaka,” kata Edy.

Menurut dia, dari sisi lokasi baru tidak ada masalah karena Pemkab sudah menyiapkan lahan. Adapun jarak antara sekolah lama dan tempat relokasi hanya berjarak sekitar satu kilometer. “Siswa masih bisa mengaksesnya. Yang terpenting di tempat baru lokasinya lebih aman,” katanya.

Disinggung mengenai anggaran relokasi SMP Negeri 3 Saptosari, Edy menyatakan jajarannya menerima anggaran Rp9,6 miliar yang bersumber dari dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Pagu Rp9,6 miliar hanya untuk pembangunan fisik,” katanya.