PILKADA BANTUL: Suharsono Resmi Pilih Pendamping, Ini Dia Orangnya

Bupati Bantul Suharsono. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
23 Februari 2020 14:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Teka-teki siapa pendamping Suharsono dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Bantul 2020 ini akhirnya terjawab. Kendati masih enggan menyebur secara langsung, petahana itu sudah memastikan memilih mantan Asisten Sekretaris Daerah Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul Totok Sudarto sebagai pendampingnya.

“Saya sementara ini memilih putra daerah yang anggun. Anggun itu artinya Asli Gunung, tebak sendiri siapa? Dia dari birokrat,” kata Suharsono, saat ditemui seusai membuka Bantul Juoss di Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Sabtu (22/2/2020).

Suharsono mengakui alasannya memilih kalangan birokrat menjadi bakal calon wakilnya di pilkada karena dirinya ingin fokus melanjutkan pembangunan untuk Bantul. Terlebih dirinya juga bukan orang partai politik.

Nama yang dimaksud Suharsono tersebut, diduga kuat memang adalah Totok Sudarto. Pasalnya dari enam kandidat bakal calon pendamping Suhasono, hanya Totok yang merupakan birokrat murni. “Itu kamu sendiri yang menjawab ya,” ucap Suharsono, berkelakar sambil lalu meninggalkan awak media.

Totok Sudarto kini memang tercatat sebagai salah satu tenaga ahli Bupati Suharsono di Pemkab Bantul setelah pensiuan dari aparatur sipil negara (ASN). Sebelumnya Totok Sudarto sempat menjabat sebagai pejabat sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul dan dan pernah menjabat Asisten Sekda Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Rakyat.

Selain itu Totok juga sempat menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul. Toto Sudarto adalah pria kelahiran Dusun Terong I, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Bantul yang notabene berada di kawasan perbukitan. Dia mengawali karir dari guru, kepala sekolah hingga sampai jabatan eselon II.

Di luar karir sebagai ASN, Totok juga merupakan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bantul, serta Ketua Kwartir Cabang Pramuka Bantul. Ia juga aktif di Orari, Rapi, dan beberapa komunitas cabang olahraga.