Ajak Anak Muda Ikuti Taiji Quan

Para peserta melakukan gerakan taiji quan dalam senam bersama ulang tahun Sasana Taiji Quan JIH di halaman parkir DPRD DIY, Jogja, Minggu (9/2)./ Ist - Sasana Taiji Quan JIH
27 Februari 2020 06:22 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sasana Taiji Quan JIH merayakan ulang tahun ke-13 pada 5 Februari 2020. Syukuran pertambahan usia itu pun dilakukan di halaman parkir DPRD DIY, Jogja, Minggu (9/2) dan diisi dengan senam bersama. Di pertambahan usia ini, diharapkan semakin banyak anak muda ikut olahraga taiji quan.

Ketua Umum Sasana Taiji Quan JIH Pudiarso Rahardjo mengatakan syukuran digelar di halaman parkir DPRD DIY pada Minggu untuk semakin mengenalkan taiji quan kepada masyarakat. "Kami undang sasana lain juga untuk bersama menunjukkan taiji quan pada masyarakat. Kami juga mengundang Wakil Ketua DPRD DIY, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia [FORMI] DIY, dan perwakilan Persatuan Olah Raga Persatuan Indonesia [PORPI] DIY. Kami juga ada potong tumpeng dalam syukuran ini," ujar dia, Rabu (26/2).

Sekitar 200 orang memeriahkan syukuran HUT ke-13 tersebut. Selain senam bersama, para anggota Sasana Taiji Quan JIH dan sasana lainnya diberikan kesempatan untuk demo jurus taiji quan. "Kami berharap olahraga ini semakin dikenal masyarakat dan makin banyak yang melakukannya. Kami ingin memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," jelas di.

Pudi menyebutkan saat ini anggota Sasana Taiji Quan JIH sekitar 120 orang di mana yang rutin berlatih sekitar 80 orang. "Di usia yang ke-13 tahun ini kami harap makin semangat berlatih, semakin erat silaturahminya. Saat ini kami juga mulai ada regenerasi meskipun jumlah anak muda masih belum banyak dan perlu didorong," kata dia.

Menurutnya, masih jarang anak muda yang tertarik karena mereka melihat gerakan taiji quan yang halus sehingga kurang tertarik. Meski demikian, pihaknya akan terus menyosialisasikan olahraga ini sehingga makin dikenal masyarakat. "Kami rutin ikut meramaikan Selasa Wage, PBTY, dan waktu Imlek tahun ini tampil di Sleman City Hall," jelas dia.

Latihan rutin Sasana Taiji Quan JIH digelar setiap Senin, Kamis, dan Sabtu pukul 06.00-07.00 WIB di halaman parkir mobil RS JIH. "Bagi yang ingin berbagung, silakan datang. Ikut latihan dahulu sampai nyaman. Kalau sudah nyaman baru daftar menjadi anggota," kata dia.

Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) DIY Arif Noor Hartanto mengapresiasi upaya Sasana Taiji Quan JIH yang selalu memasyarakatkan olahraga. Ia berharap kegiatan Sasana Taiji Quan JIH semakin berkembang, konsisten, dan semakin banyak anak muda yang menyulai taiji quan.