Parkir Abu Bakar Ali Akan Dibongkar Jadi Taman, Lokasi Parkir Dipindah

Taman Parkir Abu Bakar Ali. - Harian Jogja/Desi Suryanto
27 Februari 2020 20:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyiapkan pemindahan Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) menyusul rencana pemberlakuan jalur semi pedestrian Malioboro pada pertengahan 2020 ini. Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) akan diubah menjadi taman untuk mendukung keberlangsungan pengajuan sumbu filosofi Kota Jogja ke UNESCO.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto menjelaskan jawatannya akan membongkar Taman Parkir ABA setelah ada lahan pengganti sebagai kantong parkir baru.

Lokasi pemindahan tidak terlalu jauh dari Taman Parkir ABA atau Malioboro. Tujuannya wisatawan tidak malas ke Malioboro dari lokasi parkir.

“Saya sudah laporan ke Pak Gub [Gubernur DIY Sri Sultan HB X], prinsipnya [Taman Parkir ABA] siap dibongkar tetapi nanti ketika sudah dicarikan pengganti tempat parkirnya,” katanya seusai bertemu Gubernur DIY di Kompleks Kepatihan, Kamis (27/2) petang.

Tavip mengatakan lahan parkir itu akan dipugar menjadi taman untuk mempercantik kawasan Malioboro.

“Ketika kami sedang mengusulkan ke UNESCO agar Malioboro menjadi warisan budaya dunia, itu [Taman Parkir ABA] kan mesti dibongkar dan sifatnya semi permanen. Rencananya Taman parkir ABA itu akan dijadikan taman,” ujarnya.