WABAH CORONA: Warga Jogja Diminta Tak Borong Masker

Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Desi Suryanto
02 Maret 2020 21:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Masyarakat di DIY diminta tak panik menghadapi kabar wabah virus corona.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi adanya virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. Ia meyakini kepanikan terjadi jika tidak memahami dengan benar karakteristik penyakit tersebut.

Oleh karena itu jika sudah mengetahui tanda-tandanya terindikasi corona maka harus segera menghubungi dokter terdekat, supaya bisa didentifikasi. Lebih baik diperiksakan daripada terlambat.

Baskara Aji juga menegaskan agar masyarakat tidak melakukan aksi memborong barang-barang tertentu seperti masker. "Pakai masker boleh tetapi seperti biasa, jangan borong, nanti mborong kan berdampak pada kelangkaan barang. Kalau sudah langka kemudian panik, kalau panik kemudian terjadi hal-hal yang membuat SOP penanganan tidak berjalan," katanya, Senin (2/3/2020).

Kadarmanta Baskara Aji menyatakan pihaknya sudah menerima perintah dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X untuk membuat rancangan terkait regulasi berkaitan dengan virus corona. Regulasi itu diharapkan bisa menjadi pedoman bagi semua pihak dalam mengantisipasi penyebaran.

"Bapak Gubernur sudah menugaskan kepada saya untuk mengkonsep semacam regulasi apakah Pergub atau SK yang bisa dipedomani oleh semua pihak [guna mengantisipasi virus corona], semoga satu atau dua hari ini [bisa dikonsep]," kata dia.