6.000 Lebih Lowongan Disediakan pada Job Fair Pemkot Jogja Pekan Depan

Ilustrasi - JIBI/Solopos/M. Ferri Setiawan
03 Maret 2020 16:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan menggelar bursa kerja atau job fair di Gedung Lembaga Pendidikan Pertanian (LPP), Selasa sampai dengan Kamis (10-12/3/2020) mendatang. Sebanyak 6.632 lowongan dibuka dalam kesempatan ini.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) Kota Jogja, Lucy Irawati, mengatakan pada 2019 di Kota Jogja terdapat 3.104 pengangguran. Jawatannya bekerja sama dengan PSKK UGM memantau perkembangan angka ini. “Kami punya datanya by name by addres, yang kami pantau setiap tahun,” ujarnya, Selasa (3/3/2020).

Dinas melaksanakan sejumlah program untujk mengatasi masalah ini, salah satunya melalui bursa kerja tiap tahun. Pada 2020 ini, job fair akan diikuti oleh 51 perusahaan yang beroperasi di Jogja, kabupaten di sekitarnya, Klaten, Semarang dan Jakarta.

Dari ribuan lowongan yang tersedia, terdapat berbagai tingkat pendidikan yang dibutuhkan, dengan mayoritas SMA sederajat. “Harapannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemkab-pemkab di DIY,” katanya.

Selain menyediakan lowongan kerja, job fair juga akan menampilkan program Dinas Koperasi UKM dan Nakertrans, yakni tenaga kerja mandiri. Program ini melatih masyarakat untuk berproduksi sendiri melalui pelatihan seperti ecoprint, jumputan, rajut, kue dan lainnya.

Para peserta tenaga kerja mandiri tidak lepas begitu saja setelah pelatihan, tetapi tetap dipantau perkembangannya. Mereka ditampilkan dalam bursa kerja untuk memotivasi para penacri kerja jika ingin bekerja mandiri.

Pada job fair sebelumnya, sebanyak 1.500 pencari kerja mendaftar, dan 1.163 di antara mereka telah mendapatkan pekerjaan. Tahun ini, Pemkot Jogja menargetkan 1.100 pencari kerja mendapat pekerjaan. Seperti pada tahun sebelumnya, Job Fair 2020 juga bisa diakses lewat aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

Beberapa perusahaan yang mengikuti bursa kerja antara lain Penerbit Erlangga, Koperasi Telkomsel, Citranet, Alfamidi, Smartfren Telekom, J&T Express, Mirota Kampus, Media Tribun, Sumber Baru Motor, Matahari Departement Store dan lainnya.