Advertisement

Antisipasi Corona, Pasar dan Terminal di Sleman akan Dilengkapi Hand Sanitizer

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 07 Maret 2020 - 10:17 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Corona, Pasar dan Terminal di Sleman akan Dilengkapi Hand Sanitizer Foto ilustrasi. - Antara Foto/Novrian Arbi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) fasilitas umum seperti pasar dan terminal akan dilengkapi dengan hand sanitizer. Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Sulton Fatoni mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Dishub menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer) di terminal yang berada di Sleman. Selain di terminal Condongcatur, fasilitas yang sama juga tersedia di Terminal Pakem, Gamping dan Terminal Prambanan.

Advertisement

Adapun terminal Jombor yang saat ini pengelolaannya berada di Dishub DIY kemungkinan juga akan diberikan fasilitas yang sama. Pemberian fasilitas tersebut, kata Sulton, untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Sleman agar fasilitas-fasilitas umum menyediakan ‘hand sanitizer’.

"Kami berharap fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh berpenumpang dan awak angkutan umum untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona," katanya, Jumat (6/3/2020).

Meski hanya menyediakan fasilitas tersebut, lanjut Sulton, Dishub Sleman tidak melakukan pemantauan atau pengawasan terhadap pergerakan penumpang. Pengawasan tersebut hanya dilakukan di bandara khususnya bagi penerbangan dari luar negeri. "Untuk di terminal angkutan umum belum ada pengawasan atau pemantauan," katanya.

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan penyediaan fasilitas hand sanitizer tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. "Tidak hanya di terminal, pasar-pasar dan fasilitas umum lainnya juga akan disediakan. Masalah anggaran sudah disiapkan," katanya.

Pemkab juga akan mengoptimalkan gerakan masyarakat sehat atau Germas yang selama ini sudah terbangun di tengah-tengah warga. Selama ini, sosialisasi mengenai pola hidup bersih dan sehat (PHBS) juga sering dilakukan oleh petugas Puskesmas.

"Kebiasaan PHBS sebenarnya sudah dilakukan tinggal dioptimalkan lagi karena adanya kasus Corona ini. Sosialisasi di terminal, pasar dan lokasi lainnya juga akan kami tingkatkan," katanya.

Sosialisasi ke masyarakat akan melibatkan petugas Dinas Kesehatan (Dinkes), puskesmas, dan kecamatan. Sri berharap agar masyarakat tidak perlu resah dengan wabah Corona ini namun harus tetap mewaspadainya. "Kuncinya sebenarnya pada penerapan PHBS dan Germas, itu saja," kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement