Advertisement

Dua Keluarga di Kulonprogo Mengungsi karena Rumah Rawan Kena Tanah Longsor

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 09 Maret 2020 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Dua Keluarga di Kulonprogo Mengungsi karena Rumah Rawan Kena Tanah Longsor Seorang anggota polisi menunjukkan bekas longsor yang nyarus menimpa rumah warga di Dusun Sabrang Kidul, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Sabtu (7/4/2020). - Ist/Dok warga

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak dua keluarga di Dusun Sabrang Kidul, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, terpaksa mengungsi karena rumah yang mereka tinggali berada di kawasan rawan longsor.

Pada Kamis (5/3/2020) lalu, tebing setinggi 25 meter berada dekat dengan kedua rumah itu mengalami retakan yang cukup lebar. Retakan disusul amblesnya tanah ini timbul saat hujan melanda kawasan Girimulyo sepanjang Rabu (4/3/2020).

Advertisement

"Karena dikhawatirkan longsor, kami sudah minta dua keluarga ini untuk mengungsi sementara waktu," kata Ketua Kampung Siaga Bencana, setempat Purwito Wiji Nugroho, Sabtu (7/3/2020).

Adapun rumah tersebut masing-masing dihuni oleh keluarga Joko Yuwono, 49 (lima jiwa) dan Santoso 45 (tiga jiwa). Selain kedua rumah itu, longsor juga mengancam rumah milik Suwarman, 45, dan Pujo Sumarto, 59, yang terletak di atas tebing tersebut.

"Untuk rumah milik Suwarman memang sudah kosong, sementara untuk rumah Pujo dihuni dua anggota keluarga," ucap Purwito.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Sutedjo yang sebelumnya telah meninjau lokasi tersebut meminta agar warga yang masih tinggal di sana untuk sementara waktu mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hujan yang masih terus mengguyur wilayah Kulonprogo berpotensi menyebabkan longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement