DPRD DIY Minta Peningkatan Fasilitas SAR Satlinmas

Dua petugas sedang menyiapkan drone untuk melakukan pencarian dua korban yang terbawa arus di Pantai Baru. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
10 Maret 2020 06:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - DPRD DIY meminta kepada eksekutif untuk lebih memperhatikan fasilitas penunjang bagi personel search and rescue (SAR) Satlinmas Istimewa DIY dalam bekerja di lapangan. Saat ini kondisi kelengkapan SAR seperti di Pantai Wediombo Gunungkidul masih perlu penambahan fasilitas.

Anggota Komisi A DPRD DIY Heri Haryono menjelaskan pihaknya telah melakukan peninjauan secara langsung terhadap fasilitas SAR Satlinmas Istimewa di kawasan Pantai Wediombo, Girisubo, Gunungkidul. Mereka sebagian besar menemui kendala minimnya sarana prasarana untuk mendukung bertugas dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat di sekitar pantai. Mulai dari kondisi ambulans yang belum memadai hingga jumlah personel minim yang tidak sebanding dengan panjang pantai.

“Kami mendorong agar SAR Satlinmas Istimewa di Wediombo bisa diperhatikan, baik dari sisi sarana prasarana maupun sarana pendukung lainnya termasuk honorarium mereka dalam bertugas,” katanya Senin (9/3/2020).

Ia menambahkan susahnya sinyal yang digunakan untuk menunjang komunikasi juga harus diperhatikan. Pihaknya akan berkoordinasi dengn Dinas Kominfo DIY terkait kemungkinan mendirikan base transceiver station (BTS) di kawasan tersebut untuk memperlancar komunikasi. “Kalau untuk ambulans mungkin bisa bekerja sama dengan CSR atau perusahaan lain yang bersedia memberikan bantuan,” katanya.

Anggota Komisi A lainnya, Bambang Setyo Martono menambahkan, pantai di DIY memiliki potensi yang besar sebagai destinasi wisata baik untuk turis domestik maupun mancanegara. Oleh karena itu kenyamanan harus diberikan, salah satunya dengan memberikan perlindungan kepada wisatawan. Sehingga fasilitas pendukung untuk upaya perlindungan melalui SAR harus diberikan agar mereka lebih maksimal dalam bertugas. “Karena pengembangan wisata ini butuh kerja sama lintas stakeholder terkait,” katanya.