Sekolah Sigap Terapkan Protokol Pencegahan Corona

Petugas Promosi Puskesmas Playen I, Muchamad Cholid Widodo (kanan), mengajari sejumlah siswa SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin cara menggunakan masker dan cuci tangan yang bersih, Rabu (4/3/2020). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
11 Maret 2020 20:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Penyebaran virus Corona atau Covid-19 menjadi perhantian masyarakat, bahkan hingga institusi pendidikan. Meski belum menerima instruksi, sejumlah sekolah di Gunungkidul sigap mencari informasi terkini terkait dengan antisipasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh MTS Negeri 5 Gunungkidul. Pihaknya mengaku belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari Kemenag Gunungkidul sebagai institusi yang membawahinya, namun segala macam sarana informasi yang diumumkan oleh pemerintah pusat tetap ditangkap.

"Kami sudah membaca protokol pendidikan penanganan Covid-19 meskipun belum ada informasi resmi dari pemerintah," kata Kepala MTsN 5 Ngawen, Dedy Mustajab, saat ditemui Harian Jogja, Rabu (11/3/2020).

Dedy mengungkapkan protokol pendidikan tersebut cukup jelas dan benar arahnya guna menekan dan mencegah penyebaran serta penularan Covid-19. "Aturan itu sejalan dengan program kami untuk menjadi sekolah Adiwiyata, seperti menciptakan sekolah bersih dan sehat yang didukung dengan sarana prasarana yang lengkap mulai dari keran air, wastafel dan program sanitasi lainnya," ujarnya.

Adanya program sekolah dan protokol pendidikan tersebut, diakui Dedy, merupakan kolaborasi yang baik dalam membantu pemerintah untuk mencegah dan mengantisipasi segala macam penyakit di lingkungan sekolah, terutama Corona.

Kebijakan yang sama juga diterapkan di SMA Negeri 1 Playen. Sekolah ini berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menggalakkan pencegahan virus Corona. "Karena masker sulit didapatkan, maka kami menginstruksikan kepada para siswa agar selalu cuci tangan saat masuk dan keluar sekolah," kata Kepala SMA Negeri 1 Playen, Aji Pramono.