DIY Siap Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Polisi Wanita

Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol. Krishna Murti (kanan) saat ditemui wartawan di Mapolda DIY, Jumat (13/3/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
13 Maret 2020 17:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Polisi wanita dari 50 negara yang tergabung dalam asosiasi polisi wanita internasional (IAWP) bakal menggelar konferensi di DIY, September mendatang. Dalam rangka persiapan, Polda DIY intens berkoordinasi dengan Pemda DIY serta instansi lain seperti Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta.

Kepala Biro Misi Internasional (Karomisinter) Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri Brigjen Pol Krishna Murti mengatakan penyelenggaraan IAWP baru kali pertama digelar di Asia. “Kebetulan Indonesia menjadi tuan rumahnya. Dalam acara itu nanti dihadiri oleh puluhan ribu polisi wanita,” ujar perwira tinggi Polri ini kepada awak media, Jumat (13/3/2020).

Dia mengatakan acara tersebut rencananya digelar di Jogja, pada 6-10 September. Dia berharap acara yang digelar IAWP tersebut mampu mengangkat serta memberikan efek positif kepada Jogja. “Misalnya terkait dengan wisata dan lain-lain,” ujar dia.

Dalam acara tersebut, kata Brigjen Krishna, IAWP juga akan mengangkat aspek lokalitas jogja baik seni, budaya, dan pariwisata. Jadi, tidak hanya konferensi polisi wanita namun juga mengangkat lokalitas Jogja.

Wakil Ketua Panitia I Bidang Steering Committee Brigjen Pol. Juansih mengatakan konferensi internasional ke-58 polisi wanita tersebut merupakan momen yang penting dan berharga bagi polisi wanita, khususnya Indonesia.

Dia mengatakan selama ini konferensi IAWP lebih banyak digelar di Eropa dan Amerika. Sebelumnya, saat digelarnya rapat persiapan di Ekuador tahun lalu, banyak negara yang ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah. Akan tetapi lewat perjuangan Polri dan dukungan seluruh masyarakat, akhirnya IAWP sepakat menggelar konferensinya tahun ini di Indonesia.

Parade of Nation

Brigjen Juansih juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Ngarsa Dalem dan juga Pemda DIY. Sejauh ini, kata dia, sudah ada 24.000 polisi wanita yang sudah mendaftar. "Nanti dalam kepanitiannya kami [Polri] juga melibatkan seluruh warga, pemerintahan, dinas-dinas yang ada di provinsi, polda dan jajarannya serta seluruh masyarakat DIY. Sehingga acara bisa berjalan dengan baik. IAWP juga sebagai momentum untuk mendukung Jogja sebagai kota pariwisata," ucap dia.

Dia menjelaskan acara itu akan diawali dengan Parade of Nation di Malioboro yang diikuti oleh semua polisi wanita peserta konferensi lengkap dengan seragam mereka masing-masing. “Konferensinya akan digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang insyaallah dibuka oleh Presiden Joko Widodo sekaligus menjadi keynote speaker dengan tema Women at Center State Policing,” ujar dia.