Advertisement

KUBE Harus Jadi Motor Pengentasan Kemiskinan

Lajeng Padmaratri
Minggu, 15 Maret 2020 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
KUBE Harus Jadi Motor Pengentasan Kemiskinan Ilustrasi kemiskinan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Setelah meminta indikator kemiskinan ditambah, Komisi IV DPRD Kulonprogo juga mendesak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) untuk dapat mengoptimalkan peran kelompok usaha bersama ekonomi (KUBE) untuk pengentasan kemiskinan.

Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, Istana menuturkan keberadaan KUBE di masyarakat harus jadi motor atau parameter pengentasan kemiskinan. Ia melihat selama ini sudah ratusan KUBE yang diberi stimulan, tetapi belum angka kemiskinan belum turun signifikan.

Advertisement

Ia mendorong Dinsos P3A untuk bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain demi optimalisasi KUBE. Kelompok yang diberi stimulan juga harus diberi pendampingan dari jawatan terkait.

"Saya contohkan kelompok ternak ayam petelur. KUBE yang akan diberi stimulan itu juga didampingi dan diberi pelatihan dari Disnakertrans. Jadi sinergisitas OPD ada di situ," kata Istana pada Sabtu (14/3/2020).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinsos P3A Kulonprogo, Yohanes Irianta menjelaskan sudah menyiapkan tiga konsep untuk optimalisasi peran KUBE. Yang pertama ialah peningkatan peran KUBE dalam bantuan sembako dan bantuan pangan nontunai (BPNT) sebagai e-warong. Yang kedua yaitu memberikan pelatihan terhadap KUBE dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Kemudian yang ketiga yaitu penguatan modal KUBE. Dikatakannya, ada 2020 akan ada enam KUBE yang dipilih Kementerian Keuangan untuk penguatan modal dan pendampingan.

"Saya beberapa waktu lalu sempat menghadirkan Kemenkeu dan hasilnya akan ada enam KUBE yang diberi penguatan modal," ujar dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement