Masjid di Jogja Ini Tak Gelar Salat Jumat

Ilustrasi ibadah salat. - Harian Jogja/Desi Suryanto
20 Maret 2020 10:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAMasjid Kampus Universitas Gadjah Mada meniadakan ibadah salat Jumat sebagai upaya untuk memutus penyebaran virus Corona (Covid-19). Selain Maskam UGM, masjid lain yang juga meniadakan salat jumat yakni Masjid Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hal itu dilakukan meski urung ada imbauan resmi terkait peniadaan salat jumat di wilayah DIY.

Melalui selebaran yang diunggah di jejaring sosial media, Takmir Masjid Mujahidin UNY untuk sementara waktu meniadakan salat jumat selama dua pekan.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh, dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 dan mengikuti keputusan dari MUI dengan ini kami memutuskan bahwa Masjid Al Mujahidin UNY untuk sementara waktu meniadakan ibadah salat jumat pada tanggal 20 dan 27 Maret 2020," tulis keterangannya.

Lebih lanjut, takmir masid Mujahidin UNY mengimbau agar jamaah untuk melaksanakan ibadah salat Dzuhur di rumah masing-masing.

Selain masjid Mujahidin UNY, masjid Syuhada juga melakukan kebijakan serupa. Demi menghindari penyebaran virus Covid-19 takmir masjid Syuhada meniadakan ibadah salat jumat selama dua pekan yakni pada 20 dan 27 Maret 2020.

"Dan untuk jumat berikutnya melihat perkembangan situasi dan kondisi. Bagi jamaah masjid Syuhada dianjurkan untuk menyelenggarakan ibadah salat dzuhur di rumah masing-masing," tambah keterangan yang dibagikan tersebut.

Sumber : Suara.com