Wabah Corona, Ada Avatar di Pengadilan Negeri Wates Kulonprogo

Ilustrasi internet - Bisnis.com
20 Maret 2020 14:57 WIB Newswire Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Pengadilan Negeri Wates, Kabupaten Kulonprogo melakukan penanggulangan virus Corona (Covid-19) dengan mengoptimalkan pelayanan daring (online). 

Kepala Pengadilan Negeri Wates Kelas IB, Iwan Anggoro Warsito, mengatakan Pengadilan Wates telah menerapkan berbagai inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi terkini, yakni Avatar, Asisten Virtual Pengadilan Negeri Wates Juara.

"Teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi layanan pengadilan secara daring. Hal ini sebagai upaya penanggulangan virus Corona atau Covid-19, sehingga PN Wates mengoptimalkan layanan daring," kata Iwan, Jumat (20/3/2020). 

Ia mengatakan Avatar ini menyediakan informasi-informasi seputar perkara dapat langsung dilihat melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) pada website PN Wates www.pn-wates.go.id.

Jadwal sidang, dakwaan, gugatan, saksi, sampai putusan dapat dipantau di sini, katanya.

Terkait dengan banyaknya desa yang akan mengadakan pilkades, permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana dapat diakses melalui Eraterang.

"PN Wates siap hadapi wabah Covid-19 dengan bijak melakukan pencegahan dengan tetap melaksanakan pelayanan publik kepada masyarakat para pencari keadilan," katanya.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan PN Wates juga memberlakukan pembatasan kontak sosial bagi masyarakat. PN Wates memberikan aturan jarak tempat duduk pengunjung sidang dan tamu layanan PTSP, memberlakukan wajib pakai hand sanitizer, serta mengoptimalkan pelayanan online melalui aplikasi-aplikasi inovasi pengadilan.

Para pihak dan pengunjung sidang dapat tetap menghadiri sidang dengan syarat saling menjaga jarak duduk. Hal ini untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk ruang sidang sehingga tidak saling bersentuhan.

"Layanan di PTSP yang terletak di sisi depan kantor juga menyesuaikan pencegahan Covid-19. Setiap pengunjung wajib memakai pembersih tangan saat memasuki kantor PN Wates," katanya.

Sumber : Antara