Wabah Corona, Sekolah Pulangkan Siswa PKL Lebih Cepat

Ilustrasi siswa PKL di perusahaan kendaraan bermotor/ Ist - AHM
21 Maret 2020 18:57 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah sekolah di DIY memutuskan untuk menunda pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) menyusul merebaknya virus Corona di Indonesia. Bahkan, siswa yang tengah dalam masa PKL juga dipulangkan lebih cepat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMKN 2 Jogja, Sumadi menuturkan hasil koordinasi dari internal sekolah memutuskan untuk menarik seluruh siswa kelas XI yang tengah menjalani PKL di sejumlah daerah di luar Kota Jogja. Ada sejumlah 330 siswa SMKN 2 Jogja dari 11 kelas yang mengikuti PKL periode Januari-Maret 2020 ini.

Siswa yang ditarik ini tak langsung pulang ke rumah, melainkan harus menjalani pemeriksaan di rumah sakit dulu untuk dipantau apakah ada gejala yang mengarah ke Covid-19. Hal ini jadi upaya pencegahan dari sekolah supaya virus ini tidak terus menular.

"Di Jabodetabek hanya satu orang, di Jateng ada tiga orang. Hampir habis [masa PKL-nya] dan penarikan dimajukan, karena industri sudah lockdown juga," kata Sumadi, Jumat (20/3). Sementara itu, untuk PKL periode selanjutnya yaitu April-Juni ia masih akan menunggu perkembangan situasi setelah 31 Maret.

Hal serupa dilakukan SMKN 3 Jogja. Kepala SMKN 3 Jogja, Ujang Sabri masih menunggu situasi lebih lanjut untuk memberangkatkan 532 siswanya untuk menjalani PKL. Meski hanya di dalam wilayah DIY, Ujang tak ingin ambil risiko jika pandemi Covid-19 masih belum bisa diprediksi. "Kami masih lihat perkembangan," katanya.