Pasien Positif Corona Kelima di DIY Merupakan Perempuan Warga Berbah

Foto ilustrasi: Sampel darah untuk pengujian virus corona. - REUTERS
21 Maret 2020 17:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pasien kelima yang dinyatakan positif Corona di DIY merupakan warga Berbah, Sleman.

Kasus positif Covid-19 di wilayah DIY kembali bertambah satu pasien pada Sabtu (21/3/2020). Dengan demikian total yang dinyatakan positif corona berjumlah lima orang, satu di antaranya dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih mengatakan setelah mendapatkan informasi dari Pemerintah Pusat, jumlah pasien yang dinyatakan positif berjumlah lima orang. Pada Sabtu (21/3/2020) terdapat penambahan satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Hingga Sabtu (21/3) masih ada 48 orang yang menunggu hasil laboratorium dari total 71 orang terperiksa.

Berty menegaskan tambahan pasien yang dinyatakan positif tersebur berusia 30 tahun berjenis kelamin wanita. Ia terdeteksi gejala corona setelah melakukan perjalanan ke Tangerang. Dengan demikian penyakit tersebut menyebar setelah pasien berasal dari luar daerah. Kemudian masuk ke RSUP Sardjito pada 14 Maret 2020 dan tercatat sebagai warga Berbah, Sleman.

"DIY tambah positif satu, kasus kelima adalah wanita, [berusia] 30 tahun. Dari Tangerang, masuk RSS [RSUP Sardjito] tanggal 14 Maret, KTP Berbah Sleman," katanya.

Pasien tersebut diketahui menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) setelah mengalami gejala batuk dan sesak nafas usai dari Tangerang. Selain pasien tersebut, anaknya berusia satu tahun juga masuk menjadi PDP dengan hasil laboratorium negatif.

"Masuk dengan gejala batuk dan sesak nafas setelah dari Tangerang, kondisinya sakit sedang. Anaknya umur satu tahun, telah diperoleh hasil pemeriksaan negatif," katanya.