RSUP Sardjito Kini Merawat 4 Pasien Positif Covid-19

Foto ilustrasi: Penanganan pasien virus Corona. - Reuters
01 April 2020 16:57 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- RSUP Dr Sardjito kini kembali merawat empat pasien yang positif terinfeksi virus Corona baru penyebab Covid-19. Keempat kasus ini termasuk dalam enam kasus baru di DIY yang dirilis Pemprov DIY pada Selasa (31/3/2020) kemarin.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan keempat kasus positif Covid-19 masih tergolong sebagai kasus penularan impor dan bukan transmisi lokal. Keempatnya masih menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit ini.

"Para pasien ini semuanya imported case. Ada yang perjalanan dari Jakarta dan Banten," kata Banu pada Rabu (1/4/2020).

Meski begitu, Banu tidak menjelaskan lebih rinci mengenai asal dan jenis kelamin pasien tersebut. Ia hanya memastikan akan melakukan perawatan seoptimal mungkin demi kesembuhan para pasien.

Disinggung mengenai jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang tengah menunggu hasil swab nasofaring, Banu juga belum menyebutkannya. Terakhir ia merilis angka 21 PDP masih dirawat pada Selasa sebelum empat di antaranya diketahui berstatus positif Covid-19.

Sementara itu, satu pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUP Dr. Sardjito dikabarkan telah sembuh setelah tiga kali hasil tes swab menunjukkan negatif. Pasien ini diketahui merupakan perempuan berusia 30 tahun dan berasal dari Berbah, Sleman.

"Pasien sembuh ini masuk pada 17 Maret dan diketahui positif pada 23 Maret. Setelah dirawat di rumah sakit, pada 30 Maret telau keluar hasil akhir negatif," jelasnya.