Advertisement

Merapi Erupsi Lagi, Wilayah Ini Diguyur Hujan Abu

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 02 April 2020 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Merapi Erupsi Lagi, Wilayah Ini Diguyur Hujan Abu Warga Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan tetap mencari rumput di area Objek Wisata Bukit Klangon, Sabtu (28/3/2020) pagi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gunung Merapi kembali erupsi dengan tinggi kolom 3.000 meter, Kamis (2/4/2020) pukul 15.10 WIB. Saat erupsi arah angin menuju ke timur, hal ini menyebabkan hujan abu tipis terjadi di sejumlah wilayah Sleman.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, mengatakan pascaerupsi, hujan abu tipis di sejumlah wilayah di kabupaten Sleman. "Di antaranya, di wilayah Dusun Turgo Pakembinangun, Pakem, Sleman dan wilayah Dusun Tunggul Arum, Wonokerto, Turi, Sleman, walaupun angin pada saat erupsi mengarah ke arah Timur," ujar Makwan, Kamis.

Advertisement

Ketua Komunitas Siaga Merapi (KSM) Desa Glagaharjo, Rambat Wahyudi membenarkan hujan abu tipis terjadi di tiga dusun di wilayah Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan yakni Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen.

"Hujan abu tipis juga terjadi di bukit Klangon dan juga terjadi di pos pemantauan KSM di lapangan Stiper yang berada di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman," ucap dia.

Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Kamis, erupsi Gunung Merapi yang terjadi pukul 15.10 WIB. Tercatat di seismogram dengan amplitudo 78 milimeter dan durasi 345 detik. Teramati tinggi kolom erupsi setinggi 3.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke timur.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menambahkan awan panas yang meluncur dari kawah Merapi juga masih menuju ke bukaan kawah Merapi yakni ke Kali Gendol. Hal tersebut diakui Hanik merupakan karakteristik Merapi saat ini. "Fenomena tersebut merupakan karakteristik Merapi saat ini, jadi jika ada erupsi dan ada awan panas yang mengarah ke Kali Gendol," imbuhnya.

Ketika disinggung mengenai metode pemantauan yang dilakukan oleh BPPTKG, Hanik mengaku jika upaya metode yang ia dan jawatannya adalah dengan metode pengamatan seismik, deformasi, gas, dan visual.

"Metode tidak berubah masih tetap, semua fungsi juga masih berjalan dengan baik, ketika ada Erupsi kami juga langsung mengetahuinya, walaupun ini work from home (WFH) kami tetap melakukan pemantauan 24 jam terhadap Merapi," ungkapnya.

Hani juga sebelumnya mengatakan jika kejadian letusan semacam ini masih dapat terus terjadi sebagai indikasi bahwa suplai magma dari dapur magma masih berlangsung. Ancaman bahaya letusan ini berupa awan panas dan lontaran material vulkanik dengan jangkauan kurang dari 3 kilometer berdasarkan volume kubah sebesar 291.000 meter kubik berdasarkan data drone 19 Februari 2020 lalu. “Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement