CORONA JOGJA: Ada 126 Pasien Dalam Pengawasan yang Kini Dirawat di RS

Dokter sedang melakukan perawatan pada pasien virus corona. - Reuters
03 April 2020 20:37 WIB Bhekti Suryani & Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kasus positif Covid-19 di DIY hingga kini terus bertambah. Selain itu ada ratusan warga DIY yang kini dirawat inap di sejumlah RS.

Data terbaru, Jumat (3/4/2020), merujuk laman resmi penanganan Covid-19 DIY https://corona.jogjaprov.go.id/, ada 31 pasien positif covid-19 di DIY. Tiga di antaranya sembuh dan tiga lainnya meninggal dunia.

Selain itu tercatat ada 126 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini dirawat inap di sejumlah RS di DIY.

Sebanyak 162 warga lainnya yang juga berstatus PDP telah diperbolehkan rawat jalan dan ada pula yang pengawasannya sudah selesai.

Di sisi lain tercatat ada 13 PDP yang meninggal dunia sebelum diketahui hasil uji lab-nya.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih, Jumat (3/4/2020) menyatakan jumlah tempat tidur untuk seluruh DIY terkait Covid-19 saat ini sebanyak 255, yang tersebar di 27 rumah sakit rujukan Covid-19.

Berty menegaskan untuk sistem rujukan pasien menggunakan sistem rujukan terpadu atau Sisrute. Di mana sistem ini berbasis internet yang dapat menghubungkan data pasien dari tingkat layanan lebih rendah ke tingkat layanan lebih tinggi atau sederajat.

Sistem ini bertujuan mempermudah dan mempercepat proses rujukan pasien. Menurutnya telah diterapkan sejak sebelum adanya kasus Covid-19.

“Dengan menggunakan sistem komunikasi rujukan atau Sisrute. Sistem ini sudah berjalan sebelum ada Covid-19,” ujarnya, Jumat.