Pohon Tumbang Timpa Kabel Listrik di Berbah

Jaringan kabel listrik yang putus di atas Jembatan Kali Tepus, Dusun Sumberkulon, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Sleman akibat tertimpa pohon jati, Jumat (3/4/2020). - Harian Jogja/Hery Setiawan
03 April 2020 23:57 WIB Hery Setiawan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Hujan deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Sleman, Kamis (2/4/2020), diduga menjadi biang ambruknya pohon jati di Dusun Sumberkulon, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Jumat (3/4/2020). Parahnya, pohon berdiameter sekitar 50 sentimeter itu tumbang menimpa kabel listrik yang mengakibatkan listrik di sekitar lokasi pun padam.

Tutik, warga setempat yang berjualan di dekat lokasi kejadian mengatakan saat hujan deras, Kamis malam, sebenarnya ada sebuah pohon yang tumbang di atas Jembatan Kali Tepus. Beruntung ketika itu pohon tersebt belum sampai menimpa jaringan listrik yang berada di dekatnya.

Barulah keesokan harinya, Jumat sore, pohon yang lain tumbang dan kali ini menimpa kabel listrik sepanjang 50 meter di Dusun Sumber Kulon. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Hanya memang aliran listrik di sekitar wilayah tersebut lumpuh sementara waktu.

Saat kejadian, imbuh Tutik, ada sebuah mobil yang melintas. Beruntung, pengendara mobil tersebut mampu menghindar. "Untung tadi ada mobil bisa lolos. Kalau tidak lolos enggak tahu jadinya bagaimana," katanya saat ditemui Harianjogja.com di lokasi, Jumat.

Anggota Tirto Rescue Berbah, Panca Septiana mengatakan pohon tersebut tumbang lantaran hujan yang mengguyur wilayah setempat dalam beberapa hari terakhir. Luapan sungai, kata dia, memicu erosi atau pengikisan sisi sungai yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar.

Akibatnya, tanah menjadi jenuh dan pohon rentan jatuh. Ditambah lagi, angin kencang ikut memicu terjadinya pohon tumbang.

"Kejadian ini yang kedua kalinya. Diperparah karena erosi dan angin kencang yang Kamis lalu," katanya.