Advertisement

Antisipasi Penolakan, DIY Rencanakan Tempat Pemakaman Pasien Covid-19 di Bantul & Sleman

Sunartono
Jum'at, 03 April 2020 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Antisipasi Penolakan, DIY Rencanakan Tempat Pemakaman Pasien Covid-19 di Bantul & Sleman Ilustrasi permakaman - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mewacanakan penyiapan tempat khusus pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Pemakaman itu disiapkan untuk menyiapkan jika ada warga yang menolak penguburan jenazah dari pasien Covid-19.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY Sigit Sapto Raharjo menjelaskan salah satu yang sedang diwacanakan Pemda DIY adalah kesiapakan pemakaman khusus Covid-19 jika ada yang meninggal. Hal ini menjadi salah satu yang dibahas dengan Pemerintah Pusat dalam rapat melalui video conference, Jumat (3/4/2020) sore.

Advertisement

Menurutnya kabupaten di DIY yang sudah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan tempat pemakaman khusus jika dibutuhkan adalah Sleman dan Bantul. Sleman bahkan sudah menyatakan akan menyiapkan di sisi timur dalam hal ini Prambanan dan sisi barat kabupaten tersebut dengan luas beberapa hektare. Penyiapan pemakaman khusus ini untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang melakukan penolakan.

“Salah satunya [yang diharapkan pemerintah pusat] Menyediakan tempat pemakaman apabila masyarakat [ada yang menolak] tidak menerima, kami sudah [mulai memikirkan] baik kabupaten sudah menyiapkan. Sleman sudah menyediakan beberapa hektare untuk di Prambanan dan sisi barat,” katanya Jumat (3/4/2020) petang.

Sigit menambahkan, untuk tiga kabupaten kota lainnya seperti Kota Jogja, Kulonprogo dan Gunungkidul belum ada kepastian. Tetapi secara prinsip DIY akan menyiapkan tempat pemakaman tersebut untuk mengantisipasi jika ada penolakan dari warga.

“Yang sudah pasti siap menyiapkan Bantul dan Sleman, Sleman sudah langsung menyampaikan kepada pemerintah pusat [dalam rapat melalui video conference]. Saya belum tahu kepastiannya adalah Gunungkidul, Kulonprogo maupun Kota Jogja. Prinsipnya siap, kami akan koordinasi misalnya belum ada bisa pakai Sleman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement