Respons Covid-19, PMI DIY Distribusikan Ribuan Sarung Tangan

Palang Merah Indonesia (PMI) DIY mendistribusikan30.000 sarung tangan synthetic gloves ke sejumlah rumah sakit dan PMI di seluruh cabang di DIY mulai Jumat (3/4/2020). - Ist
04 April 2020 17:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Palang Merah Indonesia (PMI) DIY mendistribusikan 30.000 sarung tangan synthetic gloves untuk 25 rumah sakit rujukan Covid-19 di DIY masing-masing 1.000, dan sisanya sejumlah 5.000 untuk PMI DIY dan PMI di lima kabupaten/kota di DIY.

"Sudah kami distribusikan sejak kemarin [34/2020] dan hari ini [4/4/2020]," tutur GBPH. Prabukusumo selaku Ketua Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (4/4/2020). 

Gusti Prabukusumo menuturkan bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut merupakan bantuan dari PMI Pusat bekerja sama dengan PT Medisafe Technologies (Indorama Group). Selain rumah sakit rujukan, sarung tangan tersebut juga didistribusikan untuk PMI kabupaten/kota yang sampai saat ini masih melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat fasilitas umum dan pelayanan publik.

“Sampai dengan saat ini PMI se-DIY sudah melakukan penyemprotan di 742 titik dan juga promosi kesehatan kepada sekitar 1.088 jiwa. Kami juga sudah mendistribusikan 120 unit sprayer, 5.000 masker, 30 unit penutup wajah, disinfektan 150 kilogram, megafon 20 unit, kaca mata pelindung sejumlah 25 unit, baju hazmat 175 unit, hand sanitizer sejumlah 25 liter serta tempat cuci tangan portabel sejumlah tujuh unit”, jelas Gusti Prabu.

Selain itu, saat ini PMI DIY juga telah mengoperasionalkan satu unit mobil Grandmax yang dilengkapi dua tandon dan mesin pompa untuk penyemprotan disinfektan. Mobil ini digunakan sesuai kebutuhan dan jadwal dari PMI kabupaten/kota.

Sementara donasi yang terkumpul di PMI DIY sampai 3 April 2020, pukul 17.00 WIB, sebesar Rp146.367.944. “Kami berterima kasih kepada masyarakat, para dermawan yang telah bahu membahu membantu merespons wabah Covid-19 melalui PMI DIY. Masyarakat yang akan membantu bisa menyalurkan bantuannya melalui transfer ke nomor rekening 137-000-7449-9594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY”, ungkap Gusti Prabu.

Sedangkan data rumah sakit rujukan yang mendapatkan bantuan di antaranya adalah RSUP Dr. Sardjito, RSUD Panembahan Senopati, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Wates, RSPAU D. S Hardjolukito, RS St. Elizabeth, RS PKU Bantul, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RS JIH, RS Sakina Idaman, PKU Muhammadiyah Gamping, RS Bahayangkara, RSA UGM, RS Hermina, RSUD Wonosari, RS Panti Rahayu, RSUD Nyo Ageng Serang, RS PKU Kota Yogyakarta, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS. Dt. Soetarto, RS Pratama, dan RS Siloam.

Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI membutuhkan jejaring yang luas, di antaranya dengan mengajak insan pers baik media cetak maupun elektronik untuk berperan serta mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PMI. Mari bersama menebar senyum, tiada henti berkarya untuk kemanusiaan.*