Advertisement

27 Liang Lahat Disiapkan di TPU Madurejo Prambanan untuk Jenazah Covid-19

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 04 April 2020 - 11:32 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
27 Liang Lahat Disiapkan di TPU Madurejo Prambanan untuk Jenazah Covid-19 Puluhan liang lahat disiapkan petugas di TPU Madurejo untuk proses pemakaman jenazah korban virus Covid-19, Jumat (3/4/2020) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman sudah menyiapkan dua blok pemakaman di TPU Madurejo, Prambanan untuk jenazah korban Covid-19. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika ada masalah teknis pemakaman jenazah Covid-19 di masyarakat.

Penjabat Sekda Sleman Hardo Kiswoyo mengatakan keberadaan TPU Madurejo korban virus Covid-19 tersebut hanya untuk mengantisipasi adanya persoalan di warga. Pemkab menyiapkan 27 liang lahat di TPU tersebut jika sewaktu-waktu digunakan. "Tetapi kami berharap liang lahat di sana tidak digunakan. Hanya antisipasi saja," kata Hardo, Sabtu (4/4/2020).

Advertisement

Pemkab katanya juga sudah menyiapkan petugas khusus untuk menangani proses pemakanan korban Covid-19. Hal itu disiapkan agar proses pemakanan jenazah sesuai dengan protokol pemakanan jenazah Covid-19. Pemkab, melalui Dinkes Sleman sudah memberikan pelatihan kepada para petugas pemakaman.

Petugas pemakaman juga dibekali dengan alat pelindung diri (APD) untuk proses pemakaman jenazah korban Covid-19. "Untuk petugas sudah disiapkan. Mereka siaga 24 jam sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan akan bergerak dan memakamkan jenazah," katanya.

Sekadar diketahui kompleks TPU Madurejo memiliki luasan lahan pemakanan sekitar tujuh hektare. Saat ini, di TPU tersebut baru terisi sekitar 80 makam. "Kami sudah menggali 27 liang lahat sedalam dua meter, umumnya 1,7 meter. Untuk dinding diberi beton agar tidak runtuh," kata Ngatino, petugas di TPU Madurejo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement