Advertisement

Remaja Gunungkidul yang Positif Terinfeksi Corona Berasal dari Kecamatan Playen

Sunartono & Budi Cahyana
Minggu, 05 April 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Remaja Gunungkidul yang Positif Terinfeksi Corona Berasal dari Kecamatan Playen Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Remaja 18 tahun yang teridentifikasi positif terinfeksi Corona penyebab penyakit Covid-19 pada Minggu (5/4/2020) berasal dari Kecamatan Playen, Gunungkidul.

Sejauh ini, berdasarkan data yang dipublikasikan di corona.jogjaprov.go.id, sudah ada dua kasus positif Covid-19 di Gunungkidul. Kasus pertama berasal dari Kecamatan Ponjong dan pasien tersebut sudah sembuh. Kasus kedua adalah pasien dari Kecamatan Playen yang diungkapkan Pemda DIY pada Minggu (5/4/2020). Saat ini, tercatat 35 kasus positif infeksi Corona di DIY.

Advertisement

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih mengatakan berdasarkan laporan hasil uji laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) satu tambahan pasien yang positif terinfeksi Corona adalah remaja berusia 18 tahun asal Gunungkidul.

“Penambahan jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi positif tanggal 5 April 2020  sebanyak satu kasus. Tercatat Kasus 36, laki-laki, 18 tahun, warga Gunungkidul,” ujar dia, Minggu.

Selain itu, terdapat satu pasien positif Covid-19 di DIY yang meninggal dunia pada Minggu hari ini.

Berty mengatakan pasien yang meninggal tersebut adalah pasien yang diidentifikasi sebagai Kasus 14. Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan meninggal dunia di usia 71 tahun. Selain satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia hari ini, ada pula pasien dalam pengawasan (PDP) yang belum diambil swab. Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan, berusia 88 tahun warga Kulonprogo. Jumlah PDP seluruh DIY total 334 orang, sedangkan yang menjalani rawat inap sebanyak 124 orang.

"Sebanyak 190 pasien menunggu hasil laboratorium, tujuh meninggal dunia. Hasil laboratorium negatif berjumlah 109 orang,  tiga di antara mereka meninggal dunia," ucapnya.

AH, pasien yang meninggal dalam usia 71 tahun pada Minggu pagi akibat penyakit Covid-19 sudah mempunyai penyakit kronis yang berat, yakni gagal ginjal dan lekeumia. Pria asal Kecamatan Kasihan, Bantul, tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Panti Rapih.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan pasien tersebut terinfeksi virus Corona setelah pulang dari Singapura untuk mengobati penyakit kronisnya. “Keluarga yang berkontak erat dengan pasien sampai saat ini tetap dipantai sampai selesai 14 hari sejak kontak terakhir,” kata Oky.

Sebelum diisolasi di Panti Rapih, pasien itu tinggal bersama anaknya di Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Namun, berdasarkan alamat yang tertera di kartu tanda penduduk (KTP), pasien tersebut berasal dari Gondokusuman, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement