Salut, Abaikan Kerugian, Paguyuban Sapi Perah di Pakem Bagikan Susu Gratis

Ilustrasi. - Reuters/Lucas Jackson
07 April 2020 14:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna meningkatkan imunitas tubuh bagi warga agar terhindar dari Covid-19, kelompok ternak sapi perah yang ada di dusun Boyong, Kecamatan Pakem, Sleman membagikan susu gratis kepada masyarakat di wilayah Desa Hargobinangun.

Ketua Paguyuban Peternak Sapi Perah di Dusun Boyong, Pakem, Sleman, Siswo Sutrisno mengatakan jika upaya pembagian susu secara gratis ini dilakukan oleh peternak susu karena prihatin melihat kondisi masyarakat yang terganggu akibat pandemi Covid-19.

"Kami prihatin dengan kondisi sulit yang dialami oleh warga apalagi anak-anak yang membutuhkan nutrisi yang cukup di tengah pandemi Covid-19 ini. Pembagian susu juga diharapkan dapat meningkatkan imunitas warga," ujar Siswo Sutrisno, Selasa (7/4/2020).

Pembagian susu, kata dia, menyasar seluruh warga yang ada di Desa Hargobinangun dengan menggunakan mobil bak terbuka. Petugas dari paguyuban ternak sapi membagikannya ke rumah masing-masing warga. "Kami [peternak sapi] membagikan susu sebanyak 400 liter. Kami taruh ke wadah gelas [cup] sehingga terkumpul sebanyak 2.000 gelas ukuran kecil. Susu diharapkan bisa dikonsumsi agar kesehatan warga bisa terjaga dan terhindar dari Covid-19," ujar dia.

Susu-susu itu dibagikan secara cuma-cuma oleh tiga kelompok ternak sapi, yakni di antaranya kelompok Sedyo Makaryo, Anggayu Makmur, dan Warga Mulya. "Produksi susu kami paling besar se-kecamatan Pakem, per hari dari tiga kelompok tersebut bisa memproduksi sebanyak 2.000 liter susu sapi yang dijual ke koperasi, warga, dan pedagang eceran," ucap Siswo.

Koordinator acara pembagian susu gratis kepada warga desa Hargobinangun, Siti Nurjanah, mengatakan jika upaya pemberian susu gratis juga dalam rangka untuk mensosialisasikan minum susu sapi kepada warga.

"Susu sapi banyak manfaatnya, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, diharapkan susu mampu menjaga imunitas warga, pemberian susu juga sebagai upaya sosialisasi minum susu sapi kepada warga," kata Siti.

Siti mengatakan dalam pemberian susu secara gratis dia tidak memikirkan soal kerugian yang kemungkinan akan mereka hadapi. “Kami merasa punya tanggung jawab sosial kepada warga. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, upaya kami merupakan tanggung jawab sosial yang harus kami lakukan, tiga kelompok ternak sapi juga sudah bersepakat untuk melakukan aksi solidaritas ini dengan membagikan susu secara gratis," ujar dia.