Advertisement

Tak Perlu Takut dengan Petugas Medis!

Sunartono
Selasa, 07 April 2020 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Perlu Takut dengan Petugas Medis! Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (kanan) saat meninjau laboratorium virologi, BBTKLPP Yogyakarta di Jalan Imogiri Timur Km. 8 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Pelaksana Harian Direktur Utama RSUP Sardjito Rukmono Siswihanto mengakui memang ada kecenderungan orang takut dengan petugas medis yang menangani pasien Covid-19. Namun menurutnya, ketakutan itu tidak perlu terjadi.

"Tidak semua, tetapi ada kecendurangan orang takut petugas [yang menangani Covid-19], sebenarnya [ketakutan] itu tidak perlu," katanya usai bertemu Sultan di Kepatihan, Senin (6/4/2020). 

Advertisement

Ia memastikan telah ada protokol tersendiri bagi petugas medis atau dokter yang secara langsung menangani Covid-19. Antara lain harus membasa baju cadangan, sehingga petugas medis harus ganti dengan baju yang bersih jika setelah selesai melakukan penanganan.

"Kita [protokolnya] harus mandi ganti baju, harus pakai baju cadangan, pulang harus ganti kalau kontak langsung dengan pasien," ujarnya. 

Rukmono mengatakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X akan membantu mengatasi persoalan tersebut dengan menyediakan tempat khusus untuk tenaga medis.

"Tetapi sudah dibantu oleh Ngarso Dalem, kalau memang diperlukan [tempat khusus tenaga medis], karena ada banyak alasan orang [tenaga medis] tidak bisa pulang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement