Tagana Sleman Bantu Tingkatkan Imunitas Para Penghuni Asrama Haji

Suasana Asrama Haji Jogja belum lama ini. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
12 April 2020 14:47 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sleman memberikan pendampingan terhadap orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19 di karantina di Asrama Haji Jalan Lingkar Utara, Sleman, untuk bisa meningkatkan imunitas tubuh.

"Ada sebanyak 12 ODP yang ditampung di Asrama Haji. Mereka belum bisa pulang ke tempat tinggalnya karena ada penolakan dari warga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Minggu (12/4/2002)..

Sebanyak 12 orang yang dikarantina tersebut, dua ODP dan 10 OTG [orang tanpa gejala] Covid-19. "Salah satunya merupakan crew kapal pesiar yang baru pulang dari Amerika," katanya.

Ia mengatakan kegiatan untuk meningkatkan imunitas tersebut adalah sarapan pagi, cek kesehatan, senam pagi, senam vitalitas otak kanan dan otak kiri dan senam Maumere kreasi baru.

Makwan berharap dengan pendampingan tim Tagana ini para ODP maupun OTG dapat segera pulih kesegaran tubuhnya dan diterima kembali di tempat tinggal masing-masing.

"Mereka ini sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mudah-mudahan mereka segera kembali sehat, pulih dan dapat diterima kembali di tempat tinggal masing-masing," katanya.

Ia mengatakan hari ini juga setelah kegiatan senam ada warga penghuni Asrama Haji dijemput Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Dusun Jaban, Desa Tridadi, Sleman untuk diisolasi mandiri.

"Warga Dusun Jaban yang awalnya menolak warga ODP/OTG, setelah diedukasi cara melakukan isolasi mandiri, akhirnya berkenan menerima kembali. Ini merupakan perkembangan yang sangat bagus. Kami selalu siap memberikan edukasi kepada masyarakat terkait isolasi mandiri," katanya.*

Sumber : Antara