Advertisement

Begini Kondisi Terkini ABK Asal Kulonprogo yang Positif Corona

Catur Dwi Janati
Minggu, 19 April 2020 - 04:37 WIB
Bhekti Suryani
Begini Kondisi Terkini ABK Asal Kulonprogo yang Positif Corona Foto ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sudah sembilan hari pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) Kulonprogo yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) dirawat di RSUD Wates. Meski kondisi pasien positif yang kian membaik, RSUD Wates masih menunggu hasil tes swab negatif dua kali berturut-turut agar pasien bisa dipulangkan.

Juru bicara RSUD Wates untuk penanganan COVID-19, Albertus Sunuwata Triprasetya mengatakan kondisi pasien positif yang dirawat di RSUD Wates saat ini baik. "Secara umum kondisi baik, tidak ada sesak napas dan demam, batuk hanya kadang-kadang," jelas Sunu yang dihubungi pada Sabtu (18/4/2020).

Advertisement

Sunu menjelaskan sejak pertama dirawat sembilan hari yang lalu, kondisi pasien memang terbilang cukup baik. Pasien positif bahkan tidak perlu menggunakan infus. "Dari awal pasien diisolasi, pasien tidak dipakaikan infus," jelasnya. Meski kondisi pasien yang baik, Sunu menjelaskan masih perlu menunggu hasil dari tes Swab sampai menunjukkan negatif selama dua kali berturut-turut agar pasien bisa dipulangkan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami dihubungi pada Sabtu (18/4/2020) menjelaskan pasien positif telah setidaknya telah menjalani tiga kali tes. Tes pertama pasien menunjukkan hasil negatif. Namun karena ragu dikarenakan pasien berasal berasal dari Amerika, maka pasien dites lagi dan diminta untuk melakukan karantina mandiri.

Di tengah pelaksanaan karantina mandiri, hasil tes kedua keluar dan menunjukkan ABK dari Amerika tersebut positif. Selanjutnya pasien pun diisolasi di RSUD Wates. Saat menjalani isolasi, pasien telah melakukan tes ketiga kalinya dengan cara tes swab. "Namun saat ini masih menunggu hasil tes swab ketiga," jelas Budi. Bila hasil tes ketiga dan keempat pasien dinyatakan negatif, ABK tersebut bisa dipulangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement