ARTJOG Ditunda Tahun Depan karena Corona

Press Conference Art Jog ke 11 di Artotel Hotel, Kamis (26/4/2018). - Harian Jogja/ Salsabila Annisa Azmi
21 April 2020 06:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Penyelenggaraan ARTJOG MMXX: Arts in Common - time (to) wonder yang rencananya akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 30 Agustus 2020, diundur hingga 2021.

Publication Manager Heri Pemad Manajemen (HPM) selaku penyelenggara ARTJOG, Amelberga Astri mengatakan dengan diberlakukannya masa tanggap darurat nasional yang disebabkan oleh pegeblug Covid-19, festival seni rupa kontemporer ARTJOG telah memutuskan untuk menunda dan menjadwalkan ulang program-programnya.

"Sedianya, perhelatan edisi tahun 2020 (MMXX) akan berlangsung pada 23 Juli - 30 Agustus. Namun, mengingat krisis layanan kesehatan nasional yang belum juga membaik, dan dampak pandemi global yang masih sangat sulit diprediksi hingga beberapa bulan ke depan, kami geser penyelenggaraan ARTJOG ke tahun 2021," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (20/4/2020).

Penundaan tersebut, lanjutnya, sekaligus mencanangkan 'edisi tanggap darurat' yang bertujuan merespon situasi yang melanda Indonesia saat ini. Pelaksanaan ARTJOG 2020, katanya, akan hadir dalam format berbeda, dengan tetap mengikuti imbauan dan aturan Pemerintah mengenai penyelenggaraan acara pasca masa tanggap darurat bencana COVID-19.

"Untuk jadwal pelaksanaan serta hal-hal terkait partisipasi akan kami informasikan lebih lanjut. Keputusan penundaan ini kami umumkan setelah melakukan serangkaian diskusi. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan berharap semoga situasi kita segera membaik," katanya. *