Pasien Positif Corona di Gunungkidul Bertambah 2 Jadi 5 Orang

Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik
21 April 2020 15:42 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pasien positif Covid-19 di Gunungkidul bertambah dua menjadi lima kasus. Hasil penelusuran, dua kasus terbaru terjadi karena adanya kontak dengan pasien positif dari Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, dua pasien positif ini diketahui berdasarkan hasil tes swab. Total ada lima sampel yang diambil, tetapi yang dinyatakan positif corona hanya dua. “Untuk tiga dinyatakan negatif,” katanya kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Dewi menjelaskan, pengambilan spesimen dilakukan karena adanya kontak dengan pasien positif asal Desa Wonosari. Dari hasil penelusuran, ada 33 warga yang kontak dengan pasien positif tersebut. “Setelah ditracing langsung dilakukan rapid test. Hasilnya, lima dinyatakan positif sehingga dilanjutkan tes swab untuk kepastian. Ternyata, setelah hasil swab keluar dua dinyatakan positif corona,” ungkapanya.

Meski dinyatakan positif, kedua orang ini termasuk pasien yang tidak mengalami gangguan kesehatan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Saat ini kedua pasien langsung dirujuk ke RSUD Wonosari untuk menjalani perawatan. “Kondisinya baik karena tidak ada keluhan,” katanya.

Disinggung mengenai kaitan kekerabatan dengan pasien positif sebelumnya hingga adanya potensi lokal transmisi penyebaran, Dewi belum bisa menjelaskan secara detail. Menurutnya, petugas masih melakukan kajian serta terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk kesembuhan pasien yang terbukti positif.

“Masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Untuk penceghan harus menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun,” ujarnya.