Advertisement

Pulang Hajatan dari Jateng, Warga Asal Wonosari Tulari Virus Corona 2 Orang di Gunungkidul

David Kurniawan
Selasa, 21 April 2020 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
Pulang Hajatan dari Jateng, Warga Asal Wonosari Tulari Virus Corona 2 Orang di Gunungkidul Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Dua warga Gunungkidul terinfeksi virus Corona setelah tertular dari seorang warga yang baru pulang hajatan dari Jawa Tengah (Jateng).

Pasien positif Covid-19 di Gunungkidul bertambah dua menjadi lima kasus. Hasil penelusuran, dua kasus terbaru terjadi karena adanya kontak dengan pasien positif dari Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, dua pasien positif ini diketahui berdasarkan hasil tes swab. Total ada lima sampel yang diambil, tetapi yang dinyatakan positif corona hanya dua. “Untuk tiga dinyatakan negatif,” katanya kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Dewi menjelaskan, pengambilan spesimen dilakukan karena adanya kontak dengan pasien positif asal Desa Wonosari. Dari hasil penelusuran, ada 33 warga yang kontak dengan pasien positif tersebut. “Setelah ditracing langsung dilakukan rapid test. Hasilnya, lima dinyatakan positif sehingga dilanjutkan tes swab untuk kepastian. Ternyata, setelah hasil swab keluar dua dinyatakan positif corona,” ungkapanya.

Meski dinyatakan positif, kedua orang ini termasuk pasien yang tidak mengalami gangguan kesehatan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Saat ini kedua pasien langsung dirujuk ke RSUD Wonosari untuk menjalani perawatan. “Kondisinya baik karena tidak ada keluhan,” katanya.

Disinggung mengenai kaitan kekerabatan dengan pasien positif sebelumnya hingga adanya potensi lokal transmisi penyebaran, Dewi belum bisa menjelaskan secara detail. Menurutnya, petugas masih melakukan kajian serta terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk kesembuhan pasien yang terbukti positif.

“Masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Untuk penceghan harus menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan menggunakan sabun,” ujarnya.

Untuk diketahui pasien positif asal Kecamatan Wonosari yang disebut menulari dua pasien baru merupakan pasien Kasus 58, seorang perempuan usia 74 tahun. Pasien Kasus 58 itu tertulas Covid-19 setelah pulang hajatan dari wilayah di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement