Anggota Basarnas Gadungan Dibekuk Polisi

Ilustrasi. - Freepik
23 April 2020 02:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Seorang pria yang mengaku anggota Badan SAR Nasional atau Basarnas diamankan Polsek Sedayu, Rabu (22/4/2020) siang. Pria bernama Yudhi, 43, warga Purworejo, Jawa Tengah tersebut diduga telah melakukan penipuan.

Kapolsek Sedayu, Komisaris Polisi Ardi Hartana penangkapan tersebut bermula dari adanya kecurigaan anggota Basarnas dengan tingkah terduga. Polisi kemudian menjemput Yudhi di kantor Basarnas untuk diinterogasi lebih lanjut di Mapolsek. Hasil pemeriksaan sementara, pihaknya belum menemukan bukti adanya korban yang dirugikan dari tindakan pelaku.

“Adapun motif terduga mengaku sebagai anggota Basarnas agar dipandang orang dan juga kelihatan gagah. Calon istrinya percaya bahwa terduga punya pekerjaan tetap,” kata Ardi, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Meski demikian, polisi masih terus mendalami kasus dugaan penipuan tersebut. Sebab berdasarkan dari penelusuran telepon selular milik terduga terdapat pesan singkat yang intinya terduga menawarkan jasa bisa mencarikan masker dalam jumlah banyak dengan orang di Malang, Jawa Timur. Namun masker yang dijanjikan dikirim tidak sesuai kesepakatan. Padahal terduga sudah menerima uang pembayaran penuh.

Selain itu terdapat juga informasi bahwa terduga sempat mendatangi kantor PMI dan meminjam sesuatu, “Informasi-informasi ini masih kami dalami. Kami masih memiliki waktu 1x24 jam,” ujar Ardi.

Pejabat Humas Basarnas DIY, Pipit Erianto menambahkan terungkapnya dugaan penipuan itu bermula dari informasi PMI Purworejo yang menanyakan kebenaran anggota Basarnas DIY meminjam ambulans untuk kepentingan keluarga terduga. Pihaknya tidak mengenali wajah terduga tersebut setelah dikirimi fotonya dan meminta PMI Purworejo menahannya terlebih dahulu.

Namun terduga pergi dan berpapasan dengan Basarnas DIY yang akan menjemputnya kemudian dibawa ke kantor Basarnas DIY, lalu diserahkan ke Polsek Sedayu. “Sekarang sudah ditangani Polsek Sedayu,” kata Pipit.