Advertisement

Adanya Transmisi Lokal Covid-19 di Bantul Menguat

Ujang Hasanudin
Kamis, 23 April 2020 - 07:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Adanya Transmisi Lokal Covid-19 di Bantul Menguat Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dugaan adanya transmisi lokal infeksi Coronavirus Disease atau Covid-19 di Bantul semakin menguat setelah adanya temuan dua kasus positif Covid di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon per Rabu (22/4/2020). Keduanya merupakan ibu dan anak, masing-masing perempuan usia 38 tahun dan 12 tahun.

Keduanya berkontak erat dengan pasien laki-laki usia 45 tahun yang sempat dirawat di RS Jogja dan sudah dinyatakan sembuh per 18 April lalu, yang tidak lain adalah bapak dan suami dari dua pasien tersebut. Anak dan ibu tersebut masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Advertisement

“Perlu kami sampaikan informasi bahwa hari ini kita memperoleh kabar bahwa ada dua warga desa kita yang terkonfirmasi positif Covid,” kata Kepala Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, Wahyudi Anggoro Hadi, saat dihubungi melalui pesan singkat aplikasi Whatsapp, Rabu (22/4/2020).

Wahyudi mengatakan dua pasien positif Covid terbaru itu kini sudah diisolasi di rumah sakit sejak Rabu siang. Desa sudah memetakan pola persebarannya dan sudah melakukan rapid test terhadap warga yang memiliki risiko terpapar.

Kepada Harian Jogja, Kamis, 16 April lalu Wahyudi sudah menyampaikan kemungkinan adanya pola penularan di sekitar pasien laki-laki usia 45. Maka sejak 4 April pihaknya sudah memberlakukan karantina wilayah di RT tempat tinggal pasien, kemudian berinisiatif melakukan tes cepat melalui rapid test.

Total ada 19 warga yang dites dan delapan dari pihak keluarga pasien dan yang berkontak erat dengan pasien. Hasilnya dua orang positif yang berkontak erat. Sementara yang lainnya negatif. Kedua orang tersebut kemudian dites swab.

Saat itu Wahyudi meyakini jika hasil swab kedua warga itu nantinya dinyatakan positif seperti hasil rapid test, maka keduanya tertular dari warga sekitar, sehingga tranmisi lokal kemungkinan sudah terjadi, “Kemungkinan [tertular] dari sana, karena kan ada kontak erat,” ujar Wahyudi.

Kini dua warga itu hasil tes swab dinyatakan positif dan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement