Advertisement

Tak Ada UNBK, Pelajar Gunungkidul Lulus 100%

Muhammad Nadhir Attamimi
Minggu, 03 Mei 2020 - 22:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Tak Ada UNBK, Pelajar Gunungkidul Lulus 100% Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pelajar sekolah menengah di Gunungkidul Sabtu (2/5), mendapatkan pengumuman hasil kelulusan. Seperti diketahui, penentuan kelulusan tahun ini yakni ujian nasional berbasis komputer (UNBK) ditiadakan karena pandemi Corona. Alhasil tingkat kelulusan mencapai 100%.

Kepala Pendidikan Menengah (Dikmen) Gunungkidul, Sangkin, menuturkan sebanyak 6.185 pelajar baik SMA, SMK dan MA se-Gunungkidul mendapatkan nilai kelulusannya dengan berbagai acuan yang telah ditetapkan sebagai pengganti UNBK.

Advertisement

"Sesuai aturan, ketentuan kelulusan menggunakan nilai kumulatif dari semester satu sampai semester lima, nilai ujian sekolah dan juga penilaian Dewan Guru," kata Sangkin saat dikonfirmasi, Minggu (3/5/2020).

Ia memastikan kelulusan tahun ini cukup berbeda. Selain karena melalui penguman secara daring, para pelajar diimbau tidak melakukan euforia dengan cara konvoi dan lainnya. Menurut dia, hal itu dilakukan guna memutus penyebaran virus Corona seperti anjuran pemerintah. "Tidak ada perayaan berlebihan untuk kelulusan, dan kami bersyukur para pelajar patuh terhadap imbauan," ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Playen, Aji Pramono, mengungkapkan sebanyak 116 peserta didik kelas XII yang terdiri dari kelas IPA sebanyak 27 pelajar dan kelas IPS sebanyak 89 pelajar dinyatakan lulus. "Sebanyak 116 pelajar kami lulus 100 persen dan kami umumkan lewat email milik masing-masing pelajar," ujarnya.

Ia menjelaskan pengumuman melalui daring dilakukan agar para siswa tidak melakukan aksi konvoi di jalanan. Dia juga memastikan siswanya tidak ada yang melakukan perayaan dengan kerumunan.

"Sudah saya pesankan lewat surat edaran sekolah agar siswa tidak merayakan kelulusan dengan konvoi di jalanan dan pesta di tempat umum," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement