5.321 KK Terdampak Covid-19 di Kulonprogo Terima BLT

Foto ilustrasi - Bisnis Indonesia
05 Mei 2020 05:47 WIB Catur Dwi Janati Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Sebagai upaya penanganan problematika ekonomi masyarakat karena pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19), pemerintah Kulonprogo segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa. Bantuan tersebut kini telah bisa dicairkan di berbagai wilayah di Kulonprogo.

Keluarga miskin di desa yang terdampak pandemi wabah Corona Virus Disease (Covid-19) menjadi sasaran utama penerima bantuan ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk KB) Kulonprogo, Sudarmanto pada Senin (4/5/2020) menjelaskan kategori penerima BLT telah ditetapkan dari hasil musyawarah tingkat kalurahan yang kemudian ditetapkan dengan peraturan lurah.

Sudarmanto menjelaskan besaran nominal bantuan yang diterima per Kepala Keluarga (KK) adalah Rp600.000/bulan. "Skema penyaluran BLT untuk April ini diberikan awal Mei, selanjutnya BLT Mei akan disalurkan akhir Mei, sedangkan BLT Juni diberikan awal Juni," jelas Sudarmanto.

Lebih lanjut, Sudarmanto mengatakan jumlah penerima BLT ini yakni sebanyak 5.321. Penerima BLT tersebar di 87 Kalurahan di Kulonprogo. "BLT akan disalurkan secara non tunai yakni melalui rekening BPD,” jelasnya.

Penyaluran BLT secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kulonprogo, Sutedjo kepada tiga orang perwakilan diantaranya Santosa Abadi dari pedukuhan Klopo Sepuluh, kalurahan Bendungan, Sukinah dari Pedukuhan Kopat kalurahan Karangsari dan Sukidal dari Pedukuhan Wareng, Kelurahan Donomulyo pada Senin (4/5/2020).