Digelar Daring, Maskam Mardliyyah UGM Hadirkan Erick Thohir dan Yusuf Mansur

Masjid UGM. - JIBI
09 Mei 2020 15:37 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pengembangan Islamic Centre di Universitas Gadjah Mada (UGM) didukung dengan renovasi Masjid Kampus Mardliyyah UGM selama dua tahun terakhir. Kini, masjid tersebut hampir selesai dibangun kembali dan tengah melaksanakan program Ramadan di Kampus (RDK) selama bulan Ramadan ini.

Ketua RDK 1441/2020 Maskam Mardliyyah UGM, Achmad Munjid menjelaskan masjid ini akan menjadi bagian dari Islamic Center di UGM yang menyediakan ruang eksplorasi dan eksperimentasi bagi kaum muda muslim berkaitan dengan pemikiran keagamaan maupun ketrampilan teknologi.

"Cita-cita kami adalah melahirkan para inspiring young muslim leaders yang moderat, inklusif, bervisi jauh ke depan, kreatif, inovatif, dan berkomitmen untuk kemajuan bangsa," kata Achmad pada Sabtu (9/5/2020).

Ia menambahkan pembangunan Maskam Mardliyyah UGM hampir selesai dan siap dimanfaatkan. Selama bulan Ramadan ini, Maskam Mardliyyah UGM tengah mengadakan program RDK dengan tema “Memetik Hikmat, Menebar Maslahat, Transformasi Umat”.

Maskam Mardliyyah UGM juga akan menggelar acara soft-launching pada Minggu (10/5/2020) besok bertepatan dengan peringatan Malam Nuzulul Quran. Acara bertajuk “Cerdas Beragama, Berkontribusi bagi Bangsa” ini akan berlangsung pukul 20.00-22.15 WIB.

"Mengingat situasi pandemi Covid-19, kegiatan tersebut akan sepenuhnya diadakan secara daring dan disiarkan melalui media sosial, Youtube dan Instagram, supaya bisa diikuti secara luas oleh khalayak," ujar Achmad. Meski begitu, pusat kegiatan secara langsung akan diadakan di Balairung UGM dengan menerapkan standar Covid-19.

Achmad menuturkan sejumlah tokoh nasional akan mengisi kegiatan ini, mulai dari kalangan ustaz, akademisi, praktisi hingga aktivis mahasiswa. Beberapa di antaranya ialah Ustaz Yusuf Mansur, Rektor UGM Panut Mulyono, Menteri BUMN Erick Thohir, Koordinator Jaringan Gusdurian Alissa Wahid, dan Ketua BEM KM UGM Sulthan Farras.

"Kami juga akan melakukan penggalangan dana 'Mardliyyah Peduli' bekerja sama dengan Kitabisa.com yang puncaknya akan digelar pada acara konser amal," katanya.

Achmad berharap lewat kegiatan ini diharapkan bisa menjadi kegiatan reflektif yang menginspirasi dan bermanfaat luas bagi masyarakat dalam memaknai ibadah Ramadan di tengah pandemi ini.